in ,

4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat

Cara Mudah Menabung Dana Darurat

Menabung untuk dana darurat memang susah-susah gampang. Tergoda sedikit, dana yang sudah ditabung malah terpakai. Tapi mempersiapkan dana darurat menjadi hal yang cukup penting untuk Anda yang sudah memiliki penghasilan. Setidaknya Anda memiliki dana cadangan ketika hal-hal di luar rencana terjadi.

Ingin mulai mempersiapkan dana darurat? Mari simak 4 cara mudah yang bisa Anda coba berikut ini.

1. Konsisten dalam menyisihkan sebagian gaji

Jika Anda adalah orang yang konsisten, Anda bisa memulainya dengan setiap bulan menyisihkan sebagian gaji Anda. Untuk memulai cara ini, ada baiknya untuk mengetahui secara detail anggaran pengeluaran Anda dalam sebulan.

Dengan begitu, Anda akan tahu berapa jumlah dana yang bisa disisihkan setiap bulannya. Mempersiapkan dana darurat itu memang penting, tapi jangan membuat Anda malah menjadi susah dan justru kekurangan uang setiap bulannya. Pastikan juga Anda kartu ATM dari rekening untuk menyimpan darurat Anda tidak selalu Anda bawa, agar Anda tidak tergoda untuk mengambil uangnya.

2. Mengikuti program bank

Kini banyak bank yang menghadirkan semacam program tabungan rencana. Dimana tabungan Anda akan dipotong secara otomatis dalam jumlah yang Anda inginkan. Tabungan ini pun biasanya hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Baca Juga  Bunda, Sampaikan 4 Pengetahuan Dasar Keuangan ini kepada Buah Hati!

3. Dana darurat dalam bentuk perhiasan

Cara yang satu ini sepertinya cocok untuk para perempuan. Anda juga bisa menabung dana darurat dalam bentuk perhiasan emas atau berlian. Perhiasan emas dan berlian menjadi salah satu instrumen investasi yang memiliki nilai stabil.

Jika memang tiba-tiba Anda membutuhkan sejumlah dana, Anda bisa menjual kembali perhiasan-perhiasan tersebut. Tapi selama perhiasan masih ada, Anda pun tetap bisa memakainya.

4. Membuat deposito

Deposito menjadi jurus jitu agar tabungan dana darurat tak terpakai. Jika memang Anda sudah memiliki sebagian dana pada tabungan dana darurat Anda, sebaiknya mulailah untuk membuat tabungan deposito.

Tabungan deposito juga memiliki nilai bunga yang lumayan, meskipun tidak signifikan. Tapi kini sudah ada beberapa bank yang menghadirkan bunga yang cukup tinggi, sehingga memberikan keuntungan lebih untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan

Fitur Checkout di Instagram

Belanja Online dengan Fitur Checkout di Instagram