in

Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan

Ada dua hal dalam kehidupan sehari-hari manusia yang seringkali susah untuk dibedakan, terutama dalam hal mengelola finansial. Apakah itu? Kebutuhan dan Keinginan. Saat kita tidak mampu membedakan kedua hal tersebut, berbagai masalah finansial pun muncul.

Apakah Anda dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan? Coba Anda ingat-ingat kembali, apakah Anda sering merasa boros karena tergiur nafsu untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan? Sampai pada akhirnya barang-barang tersebut menumpuk begitu saja dan tidak Anda gunakan?

Jika iya, kini saatnya Anda mulai belajar untuk mengatur finansial dengan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

Simak 5 cara mengelola finansial Anda agar sesuai kebutuhan, bukan keinginan!

1. Memahami apa saja kebutuhan Anda

Hanya Anda sendiri yang mengetahui apa saja kebutuhan sehari-hari yang benar-benar Anda perlukan. Coba luangkan waktu Anda beberapa menit untuk memikirkan apa saja yang sebenarnya Anda butuhkan sebelum membeli sesuatu.

2. Membuat daftar belanja

Setelah mengetahui apa saja yang Anda butuhkan, silahkan ditulis di memo handphone atau di selembar kertas. Jika Anda sudah membeli kebutuhan tersebut, berilah tanda centang pada checklist Anda.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Credit Score Anda

3. Menanyakan pertanyaan khusus kepada diri sendiri

Anda dapat menanyakan sejumlah pertanyaan khusus kepada diri sendiri sebelum membeli sesuatu. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut, apa resiko yang akan terjadi jika Anda tidak membelinya, dan pertanyaan yang lainnya.

4. Memisahkan uang sesuai kebutuhan

Pada saat Anda menerima gaji, cobalah untuk memisahkan uang-uang anda sesuai dengan beberapa kebutuhan Anda. Misalnya, untuk uang makan, transport, kebutuhan bulanan, menabung, dan lainnya. Dikutip dari detik.com, Anda dapat membagi gaji menjadi 50% untuk Living, 30% untuk Saving, dan 20% untuk Playing.

5. Mencatat setiap pengeluaran

Mungkin sebagian orang meremehkan hal ini, namun nyatanya hal ini sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan. Anda dapat mencatat di buku pengeluaran atau bahkan Anda dapat mendownload aplikasi pengeluaran di smartphone Anda. Anda akan dengan mudah mengetahui kemana larinya uang Anda setiap harinya.

Kebutuhan manusia sebenarnya terbatas, namun keinginan manusia tidak ada batasnya. Hal itulah yang membuat kita terkadang selalu memenuhi keinginan daripada kebutuhan. Anda boleh saja memenuhi keinginan jika Anda memang mempunyai uang lebih, sebagai cara untuk mengapresiasi diri karena telah mencapai sesuatu. Misalnya Anda telah mengerjakan tugas sesuai dengan target dan tepat waktu.

Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik yang Harus Anda Ketahui

Cobalah beberapa cara di atas agar masalah finansial Anda tidak dating silih berganti. Semoga Anda semakin cerdas dalam mengelola finansial dan lebih memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Investor,  Kenali 5 Resiko Investasi ini Sebelum ‘Melepaskan’ Harta Anda

Cara Mudah Menabung Dana Darurat

4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat