in

Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Untuk menghindari berbagai masalah finansial yang mungkin terjadi, penting bagi seseorang mengetahui indikator keuangan sehat. Baik itu indikator keuangan sehat pribadi maupun keluarga bagi yang sudah menikah.

Dipaparkan oleh Prita Hapsari Ghozie dalam bukunya yang berjudul Make It Happen, ada 8 Indikator Keuangan Sehat yang harus diperhatikan.

Berikut adalah 8 Indikator keuangan sehat tersebut:

1. Punya Dana Darurat

Dana ini digunakan untuk berjaga-jaga dikarenakan kondisi perekonomian global yang masih tidak menentu. Prita menyarankan sebaiknya memiliki dana darurat sebesar 3 kali pengeluaran rutin setiap bulannya. Kendati demikian, kita masih harus menargetkan memiliki dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran perbulan.

2. Mampu Mengelola Utang

Utang adalah kewajiban yang harus dibayarkan. Menurut Prita, jumlah total cicilan utang tidak boleh melebihi 35% dari penghasilan rutin. Sementara itu, cicilan rumah tidak sebaiknya tidak melebihi 30% pengasilan bulanan. Jika tida kita harus bekerja ekstra atau menabung lebih lama untuk membayar pokok utang. Hal itu dilakukan gara cicilan untang dikemudian hari bisa turun.

Baca Juga  Financial Planning Untuk Millenial yang Anda Harus Tahu

Baca juga: 3 Langkah Memeriksa Kesehatan Dompet

3. Memiliki Rumah Tinggal

Seperti yang kita ketahui bahwa 3 kebutuhan dasar dan utama manusia adalah sandang, papan dan pangan. Memiliki rumah menjadi salah satu indikator bahwa keadaan finansial termasuk kategori sehat. Jika keuangan kita memungkinkan untuk mencicil rumah, maka sebaiknya prioritaskan terlebih dahulu. Sehingga memiliki tempat tinggal menjadi prioritas utama.

4. Memiliki Dana Pendidikan

Dengan kenaikan 15% pertahunnya maka pendidikan anak adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Prita menyarankan untuk berinvestasi agara kebutuhan pendidikan anak dimasa depan dapat dipenuhi.

5. Memiliki Tabungan Hari Tua

Menjadi tua adalah hal pasti. Suatu hari nanti berhenti dari pekerjaan atau menurunkan perusahaan pada anak akan kita lewati. Namun demikian, kita pasti tidak ingin merubah gaya hidup yang sudah baik itu kan? Oleh karena itu menjadi penting menyimpan tabungan untuk hari tua.

Baca juga: Finansial Jadi Kunci Hidup Bahagia di Masa Tua, Sudahkah Anda Pikirkan?

6. Mampu Mengendalikan Gaya Hidup

Gaya hidup yang tinggi boleh saja dijalani asal penghasilan kita cukup untuk meng-cover-nya. Sangat tidak dianjurkan untuk berhutang demi memiliki gaya hidup mewah yang konsumtif

Baca Juga  Hal-hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kredit Tanpa Agunan (Part 2)

7. Memiliki Asuransi

Biaya untuk sembuh bisa jadi sangat mahal dan menghancuran kesehatan keuangan. Oleh karena itu, mengasuransikan diri dan keluarga adalah salah satu solusi untuk merasa tenang dalam hal biaya penyembuhan

8. Portofolio Keuangan Keluarga

Menyebar asset adalah sesuatu yang perlu diperhatikan. Sebaiknya tidak menaruh asset hanya dalam satu bentuk, misalnya hanya dalam tempat tinggal atau deposito saja.

Itulah 8 indikator keuangan pribadi dan keluarga yang sehat menurut Prita. Setelah mengetahui indikator tersebut apakah keuangan Anda termasuk kedalam golongan sehat?

 

Tinggalkan Balasan

Fitur Checkout di Instagram

Belanja Online dengan Fitur Checkout di Instagram

Inilah Simulasi Periksa Kesehatan Dompet yang Mudah untuk Anda