in ,

Inilah Simulasi Periksa Kesehatan Dompet yang Mudah untuk Anda

Simulasi Periksa Dompet

Kesehatan dompet merupakan salah satu hal terpenting dalam kelangsungan ekonomi kita baik pribadi ataupun keluarga. Setelah kemarin Pikiran Trader membahas  tentang 3 Langkah Memeriksa Kesehatan Dompet sekarang akan kita bahas bagimana simulasi yang mudah untuk Anda dalam melakukan periksa dompet.

Untuk memudahkan cara periksa dompet, inilah langkah-langkah beserta contoh yang bisa Anda ikuti :

Buat catatan harta dan utang

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat catatan atas harta dan utang yang dimiliki saat ini. Harta tidak hanya uang tunai yang kita punya, jika masih ada harta jenis lain seperti mobil, tanah sawah maupun usaha, bisa dikategorikan sebagai catatan harta. Cobalah membuat catatan harta dan utang dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom harta beserta nilainya dan kolom utang beserta nilainya.

Perhatikan, utang yang dicatat dalam tabel yang Anda buat adalah jumlah total utang yang masih harus dibayar. Artinya, jika Anda sedang mengambil kredit rumah dengan cicilan Rp 1 juta per bulan dan tenor 120 bulan, maka jumlah kredit rumah yang masih harus dibayar adalah Rp 120 juta.

Baca Juga  5 Kesalahan Ketika Investasi Emas Yang Sering Terjadi

Buat catatan penghasilan dan pengeluaran uang dalam sebulan

Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda mengetahui pos-pos pendapatan dan biaya yang harus dikeluarkan. Buatlah tabel yang berisikan kolom penghasilan dan pengeluaran beserta nominalnya. Pada kolom jumlah gaji, yang dimasukkan adalah nilai gaji atau penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Sedangkan untuk hasil usaha diisi dengan rata-rata pendapatan dalam satu bulan. hitung pula selisih antara total penghasilan dan total pengeluaran untuk memperoleh hitungan jumlah sisa penghasilan yang Anda miliki.

Hitung perbandingan ukuran isi dompet

Di bagian ini Anda akan mulai menghitung dan mencari tahu kondisi kesehatan keuangan alias kesehatan dompet keluarga. Ada 3 kondisi yang umumnya kita harus ketahui :

1. Perbandingan jumlah uang tunai dengan pengeluaran rutin

Di sini Anda akan menghitung ukuran uang tunai yang dimiliki oleh rumah tangga akan mampu membiayai berapa bulan pengeluaran.  Untuk mendapatkan ukuran tersebut, Anda hanya perlu membandingkan nilai total uang tunai ditambah tabungan dan pengeluaran rutin setiap bulan. Dari sini Anda akan mendapatkan ukuran uang tunai.

Baca Juga  Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Kredit Tanpa Angunan

Jika hasil ukuran uang tunai tersebut adalah 2 misalnya, artinya uang tunai dan tabungan yang dimiliki mampu membiayai 2 bulan. Ukuran uang tunai yang sehat adalah 4.

Baca juga 6 Aplikasi Pengatur Keuangan Pilihan untuk Android

2. Perbandingan jumlah uang yang ditabung dengan penghasilan.

Mari kita periksa setiap bulannya berapa banyak uang yang berhasil ditabung dari penghasilan yang Anda peroleh. Menabung sangat penting untuk dilakukan karena di masa mendatang banyak kebutuhan dan pengeluaran yang cukup besar. Anda bisa mengukur berapa persen penghasilan yang digunakan untuk menabung.

Bandingkan jumlah uang yang ditabung perbulannya dengan penghasilan rutin bulanan. Sebagai contoh, jika angka yang dihasilkan dari perbandingan tersebut adalah 8%, maka artinya tabungan yang Anda miliki adalah 8% dari total penghasilan. Angka ukuran menabung yang sehat adalah 10 % dari penghasilan rutin bulanan.

3. Perbandingan jumlah cicilan utang dengan penghasilan

Selanjutnya adalah membandingkan jumlah cicilan utang dengan penghasilan yang diperoleh. Ukuran bayar cicilan yang sehat adalah tidak melebihi 30% dari penghasilan atau 1/3 penghasilan. Anda bisa mendapatkan persentase ukuran bayar cicilan ini dengan membandingkan jumlah cicilan utang per bulan dengan penghasilan rutin yang diperoleh.

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Setelah Anda melakukan 3 perbandingan dengan uang yang ada di dompet, maka akan diperoleh diagnosa apakah kondisi keuangan sehat atau sakit.

Baca juga  Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Tinggalkan Balasan

Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

4 Langkah untuk Meraih Kebebasan Finansial