in

Menghapus Anggaran untuk Penyuka Belanja, Perlukah ?

Untuk sebagian orang, berbelanja merupakan sebuah hobi yang sangat menyenangkan, terutama untuk kaum wanita. Berbelanja juga bisa menjadi salah satu rekreasi setelah lelah bekerja. Ada beberapa orang yang senang membelanjakan uangnya untuk fashion, make up, atau beberapa item tertentu.

Bahkan kebanyakan orang mengalokasikan anggaran khusus untuk memuaskan hobi belanjanya. Jika tidak dikelola dengan baik, hobi belanja ini dapat mengacaukan finansial Anda dan membuat Anda lebih boros.

Lantas, perlukah kita menghapus anggaran untuk hobi belanja?

Hobi memang bukanlah sebuah kebutuhan primer manusia. Seperti yang kita tahu, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Lalu, hobi termasuk sebuah kebutuhan yang mana?

Hobi termasuk kebutuhan tersier. Memang tidak begitu penting dalam kehidupan manusia, namun tidak berarti harus dihapuskan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Jika hobi adalah sebuah wadah untuk bersenang-senang, maka anggaran untuk hobi jangan dihapuskan karena bersenang-senang adalah kebutuhan dasar manusia.

Baca Juga  7 Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Dikutip dari kompas.com, Perencana Keuangan Finansia Consulting, Eko Endarto mengatakan, jika belanja menjadi bagian dari rekreasi seseorang, maka Anda harus mengalokasikan budget khusus. Pengalokasian inilah yang nantinya menjadi batasan dari jumlah uang yang bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Jika seseorang telah mengalokasikan anggaran khusus untuk hobi belanja, maka orang tersebut sudah mengetahui barang tertentu yang ingin dia beli. Namun, jika memang anggarannya ternyata masih kurang, orang tersebut harus menyisihkan uang di bulan berikutnya agar bisa mendapatkan apa yang ia mau.

Eko mengatakan bahwa tidak ada batas alokasi untuk anggaran hobi belanja, semuanya tergantung penghasilan si hobi belanja. Yang terpenting, anggaran hobi belanja sudah di luar kebutuhan pokok yang menjadi prioritas, seperti anggaran untuk makan, bayar cicilan, dan lain-lain.

Jadi, Anda tidak harus menghapus anggaran hobi belanja Anda. Yang paling penting, Anda harus cerdas dan bijak dalam membuat rancangan anggaran antara kebutuhan utama dan keinginan Anda.

Baca juga: Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan

Baca Juga  Hendak Meminjamkan Uang? Simak Beberapa Tips Berikut

Tinggalkan Balasan

perusahaan sekuritas saham terbaik di indonesia

6 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

pelajari tips menabung ala miliader

Intip Yuk Tips Nabung Ala Miliader, Finansial Aman Seketika