in

Cara Cerdas Menghindari Jebakan Pinjaman Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, akses ke berbagai hal termasuk aspek finansial juga semakin mudah. Bukan hanya berbelanja online, kini Anda juga dapat meminjam uang melalui smartphone Anda.

Tak heran jika bisnis pinjaman online semakin marak. Selain mudah, prosesnya juga sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 × 24 jam atau maksimal 2 × 24 jam. Dana pinjaman Anda sudah bisa dicairkan.

Prosesnya tentu tidak berbelit-belit, tidak membutuhkan waktu yang lama, dan dapat diakses dari mana saja. Namun, banyak orang yang terlalu cepat memutusukan untuk mendapatkan pinjaman online, tanpa mengetahui resiko yang akan terjadi di masa mendatang.

Apakah Anda tahu jika banyak sekali hal-hal negatif yang bias muncul jika Anda meminjam uang secara online?

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghindari jebakan pinjaman online.

Berikut adalah cara cerdas untuk menghindari jebakan pinjaman online:

Jangan menganggap remeh hanya karena pinjaman kecil

Banyak platform pinjaman online menawarkan pinjaman kecil. Beberapa dari mereka menawarkan pinjaman mulai dari ratusan ribu, satu juta hingga maksimum 20 juta. Nah, pilihan pinjaman yang bervariasi ini membuat kebanyakan orang berpikir dengan mudah dan bergegas untuk mengajukan pinjaman tanpa berpikir Panjang.

Baca Juga  Plus Minus Sistem Pembayaran Kredit

Persyaratan Mudah, Tapi Bunga Utang Lebih Besar Daripada Kartu Kredit

Mengajukan pinjaman secara online tidak serumit mengajukan permohonan kartu kredit. Anda hanya memerlukan kartu identitas dan akun media sosial Anda dan Anda dapat menikmati dana segar segar dalam waktu singkat. Ini sangat berbeda dengan persyaratan engajukan kartu kredit. Persyaratan memiliki kartu kredit cukup rumit dan proses persetujuannya cukup panjang.

Namun, bunga utang yang ditawarkan lebih besar daripada bunga kartu kredit, yang rata-rata hanya 2,25%. Bunga pinjaman online bisa sebanyak 2,90 persen.

Banyak biaya tambahan

Tidak hanya bunganya yang lebih besar dari kartu kredit, tetapi ada juga biaya tambahan untuk biaya bunga. Misalnya, biaya administrasi, biaya keterlambatan pembayaran, dan juga biaya penalti.

Selain itu, jika Anda menggunakannya hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif Anda, hal itu akan membuat keuangan Anda tidak stabil.

Jika pembayaran Anda terlambat, penagih utang segera datang

Ketika Anda mengajukan pinjaman, hanya kata-kata manis yang akan terdengar. Tetapi seiring berjalannya waktu, dan Anda tidak dapat membayar tagihan, kata-kata manis menjadi sangat pahit atau mungkin beracun. Waktu yang dibutuhkan hanya 2-3 hari terlambat bagi mereka untuk mengirim penagih utang ke rumah Anda

Baca Juga  Terhalang Kuliah Karena Biaya Pendidikan? Yuk Intip Tips Berikut Ini

Jangan biarkan hal itu terjadi kepada Anda. Coba pikirkan semua kemungkinan dan dampak yang akan terjadi dari keputusan yang Anda ambil.

Baca juga: Pinjaman Online Memang Mudah, Tapi

Tinggalkan Balasan

Tak Ingin Dompet Jebol, Hindari Kesalahan Keuangan Ini(Part 2)

Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui