in

4 Pertimbangan Saat Membuat Kartu Kredit Tambahan

(Foto: Pixabay)

Sudah jadi pengguna kartu kredit? Kalau sudah, pasti kata-kata kartu kredit tambahan sudah tak asing dipendengaran Anda. Jika belum tahu, sebetulnya kartu kredit tambahan adalah “adik” dari kartu kredit utama yang sudah Anda pegang. Karena nantinya, limit dan billing kartu kredit tambahan pun akan disatukan dengan kartu kredit utama. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menabah kartu kredit. Apa saja 4 hal tersebut? Mari simak di sini.

1. Apakah kartu kredit tambahan sesuai kebutuhan?

Kartu kredit tambahan biasanya ditujukan untuk orang berbeda, walaupun tidak menutup kemungkinan jika pengguna kartu kredit tambahan sama seperti pengguna kartu kredit utama. Tapi kebanyakan orang menggunakan kartu kredit tambahan untuk diberikan kepada istri, atau anak mereka.

Nah, dari hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan kartu kredit itu sendiri. Apakah dengan fitur dan program diberikan oleh bank, apakah memenuhi kebutuhan pemegang kartu kredit tambahan tersebut.

Jika pemegang kartu kredit tambahan sama dengan kartu kredit utama, coba pikirkan lagi. Jika Anda merasa satu kartu kredit saja sudah cukup, sebaiknya gunakan saja kartu kredit utama. Hal ini dimaksudkan agar tidak “kebablasan” dalam penggunaan kartu kredit itu sendiri.

Baca Juga  Tips Megoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan ( Part 2)

2. Sesuaikan dengan finansial Anda

Mempertimbangkan dengan kebutuhan penggunaan kartu kredit bersinergi dengan kemampuan finansial Anda. Jika Anda merasa kondisi finansial Anda memenuhi syarat untuk memiliki kartu kredit tambahan, silahkan membuatnya.

Tapi jika Anda merasa belum mampu, jangan sampai Anda termakan tren dan ikut-ikutan membuat kartu kredit tambahan. Jangan sampai kartu kredit tambahan justru akan membuat Anda berhutang pada bank.

3. Lihat juga dari biaya tahunan

Meskipun kartu kredit tambahan adalah “adik” dari kartu kredit utama, tetap saja kartu kredit tambahan akan dikenakan biaya tahunan. Sebelum membuatnya, sebaiknya buat perhitungan jumlah biaya tahunan yang harus Anda bayarkan nantinya. Jika cenderung besar, mungkin Anda harus berpikir dua kali.

Baca juga: Bangun Riwayat Kredit yang Baik dengan 4 Cara Ini, Yuk!

4. Apakah limit Anda cukup

Sudah dijelaskan bahwa kartu kredit tambahan akan mengambil limit dari kartu kredit utama. Jika kartu kredit utama memiliki limit 20 juta dan Anda sudah menggunakan transaksi sebesar 15 juta, maka kartu kredit tambahan hanya memiliki limit sebesar 5 juta.

Baca Juga  Tips Mengoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan (Part 1)

Untuk itu, pertimbangkan apakah limit yang Anda miliki cukup untuk menampung dua kartu kredit. Jika Anda memberikan kartu kredit tambahan untuk orang terdekat pun jangan sampai penggunaannya berlebihan dan malah membatasi penggunaan kartu kredit utama.

Perhatikan juga penggunaan transaksi. Jangan sampai justru penggunaan kartu kredit menjadi over limit. Atau Anda juga bisa menaikkan limit kartu kredit. Jika kartu kredit Anda BCA, klik di sini untuk mengetahui cara menaikkan limit kartu kredit.

Setelah mempertimbangkan 4 hal di atas, apakah Anda tetap memutuskan untuk membuat kartu kredit tambahan?

Tinggalkan Balasan

tips amankan keuangan di bulan ramadhan

Tips Amankan Keuangan di Bulan Ramadhan

Cara Terbaik untuk Menghasilkan Uang di Game of Thrones Hype