in

Tips Mengelola Uang Bagi Wanita Single

tips agar Keuangan selalu stabil

Di era sekarang,  wanita dengan karir yang sangat baik sudah tidak lagi menjadi hal yang asing di mata kita. Banyak wanita yang lebih memilih untuk menjadi wanita karir dari pada menjadi Ibu rumah tangga saja yang kerjanya diam di dalam rumah.

Terlebih lagi untuk wanita single, kesempatan ini tentu akan digunakan sebaik mungkin untuk membangun karir mereka. Namun, terkadang, menjadi wanita single memang jauh lebih sulit dari yang dibayangkan.

Karena masih hidup dengan kesendiriannya, kebutuhan yang dikeluarkan memang tidak terlalu banyak.
Namun, mengelola keuangan untuk wanita single mungkin menjadi hal yang mudah tapi sebenarnya juga susah.

Terlebih lagi jika Anda tidak tahan dengan godaan belanja yang setiap saat selalu mengganggu Anda.

Berikut tips untuk Anda, para wanita single agar bisa mengelola uang dengan baik:

Rencanakan pengeluaran

Anda harus membuat rencana pengeluaran setiap bulannya agar bisa menjadi acuan untuk mengatur arus uang anda. Anda juga harus membedakan rencana pengeluaran antara kebutuhan dan keinginan memnuhi gaya hidup Anda. Sebaiknya alokasi dana yang Anda keluarkan tidak lebih dari 70% pendapatan Anda.

Baca Juga  Kabar Gembira! Penunggak Pajak di DKI dapat Diskon Hingga 50%!

Siapkan dana darurat

Dana darurat sangat penting dalam hidup Anda karena manusia tidak pernah tau apa yang terjadi ke depannya. Usahakan Anda memiliki dana darurat minimal besarnya lima kali lipat dari pengeluaran bulanan. Hal ini akan bisa memproteksi kondisi finansial Anda jika nanti terjadi sesuatu secara mendadak.

Buat Tujuan Keuangan

Buatlah target agar penghasilan yang Anda dapatkan tidak hilang begitu saja. Misalnya, Anda menargetkan untuk bisa membeli mobil pada tahun ini. Anda dapat membuat tujuan keuangan untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Prioritaskan menabung

Ada banyak cara untuk menabung. Anda bisa menabung di bank dengan memisahkan antara uang kebutuhan dan tabungan. Selain itu, Anda juga dapat berinvestasi. Para wanita zaman sekarang pasti sudah memahami jika investasi tidak hanya menguntungkan, tapi juga dapat menjadi tabungan untuk masa depan.

Selektif dengan diskon

Dunia wanita tidak akan bisa jauh dengan yang namanya diskon. Semua wanita pasti menyukai diskon, tapi Anda tidak boleh tergiur begitu saja. Anda harus selektif dalam memilih barang yang sedang diskon. Anda harus mengecek harganya terlebih dahulu dan membandingkan dengan produk atau toko yang lainnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga  Belanja Online dengan Fitur Checkout di Instagram

Hindari hutang konsumtif

Hindari membeli barang yang sifatnya konsumtif dan menggunakan kartu kredit atau fasilitas cicilan lainnya. Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai Anda harus menanggung rasa menyesal karena terlalu banyak cicilan yang harus dibayar.

Baca juga : 5 Tips Agar Uang Gaji Tidak Cepat Habis

Tinggalkan Balasan

Ibu Rumah Tangga, 4 Jenis Investasi Ini Bisa Dicoba

LinkAja dompet digital BUMN

Dompet Digital Milik BUMN, Berikut Beberapa Fakta LinkAja