in

Liburan Bikin Kantong Jebol, Kata Siapa?

Liburan adalah salah satu kebutuhan gaya hidup pekerja. Ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi, pekerja ingin berlibur untuk melepas penat, menyegarkan pikiran, hingga mencari pengalaman baru.

Ada yang memilih berjalan-jalan ke luar kota, luar negeri, atau sekadar shopping di pusat perbelanjaan sekitar tempat tinggal.

Masalahnya, liburan juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Seorang pekerja yang ingin liburan sendiri atau bersama keluarga harus mempersiapkan dana untuk membiayai kebutuhan jalan-jalannya.

Tak terasa, uang habis lebih terlalu banyak melebihi biasanya, tanpa melakukan perencanaan.

Anda harus tetap bijak dalam mengatur keuangan Anda agar tidak menimbulkan masalah ke depannya.

Simak tips berikut ini untuk menghadapi liburan agar Anda tak boros.

Tentukan destinasi liburan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berlibur tentu saja menentukan lokasi liburan yang ingin Anda tuju. Anda harus menyesuaikan destinasi sesuai dengan budget yang Anda punya.

Anda dapat memperoleh referensi destinasi dengan melakukan riset di internet. Dan jangan lupa untuk mencari tahu tentang biaya yang harus Anda keluarkan selama liburan.

Baca Juga  Yuk Membangun Masa Depan Keuangan yang Sukses

Tentukan agenda liburan Anda

Jika sudah mengetahui destinasi yang ingin dituju, langkah selanjutnya Anda harus menentukan agenda atau itinerary untuk menikmati waktu liburan. Usahakan untuk membuat agenda sedetail mungkin dengan diikuti anggaran biaya per agenda agar Anda tetap bisa mengontrol keuangan.

Anda juga harus selalu mengikuti agenda yang sudah dibuat dan jangan terpengaruh dengan hal lainnya.

Siapkan budget transportasi dan akomodasi

Anggarkan dana untuk transportasi dan akomodasi se-efisien mungkin. Jangan mengeluarkan dana yang tak perlu atau tidak sesuai dengan agenda yang sudah Anda buat.

Buat anggaran untuk oleh-oleh

Kata liburan pasti tidak bisa jauh dengan kata oleh-oleh. Tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk orang terdekat.

Nah, Anda juga harus membuat anggaran untuk oleh-oleh se awal mungkin agar tetap bisa mengontrol pengeluaran.

Gunakan uang tunai

Berupaya menggunakan uang tunai saat berlibur akan membuat Anda lebih memikirkan jumlah uang yang dihabiskan. Ditambah lagi, hal ini akan membuat Anda lebih patuh dengan anggaran dana yang sudah Anda buat.

Baca Juga  4 Tips Liburan Hemat Tanpa Menguras Kantong

Jadi, upayakan untuk selalu menggunakan uang tunai saat bertransaksi selama liburan.

Nah, apakah Anda sudah siap untuk berlibur? Jangan lupa untuk mengajak orang-orang terdekat agar liburan Anda semakin seru. Selamat berlibur.

Baca juga : Tips Mengelola Uang Bagi Wanita Single

 

Tinggalkan Balasan

syarat kredit mobil

Berencana Membeli Mobil, Perhatikan Tips Berikut!

5 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Terbaik untuk Anda