in

Anggaran Untuk Pernikahan, Sudah Siap?

Pernikahan adalah salah satu peristiwa penting dalam kehidupan seseorang. Salah satu aspek terpenting dalam persiapan adalah urusan finansial.

Namun, apakah Anda tahu? Mempersiapkan finansial untuk pernikahan tidaklah mudah. Banyak calon pengantin yang sudah membuat anggaran dengan baik namun masih tetap over-budget.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar anggaran dana tetap aman tanpa over-budget?

Yuk simak tips bagaimana mempersiapkan dana pernikahan berikut ini:

Tentukan agenda

Pertama, Anda harus menyepakati agenda pernikahan seperti apa yang ingin Anda lakukan. Apakah hanya menggelar akad nikah, atau lengkap dengan kegiatan adat dan pesta resepsi.

Setelah itu, Anda harus menentukan budget sedetail mungkin sesuai dengan agenda yang telah Anda sepakati dengan calon pasangan dan juga keluarga.

Bagi budget

Anda juga perlu membagi budget pernikahan yang telah Anda tentukan. Anda dapat membaginya menjadi tiga bagian, yakni pre-wedding, the wedding, dan post wedding.

Adapun untuk pre-wedding, Anda harus memikirkan budget untuk undangan, mas kawin, acara, atau bahkan biaya wedding planner. Pada the wedding, Anda harus memikirkan biaya akad nikah, gedung, catering, dekorasi, dokumentasi, cinderamata, dan sebagainya. Untuk post wedding, Anda dapat menentukan budget untuk honeymoon bersama pasangan Anda.

Baca Juga  4 Profesi Favorit Generasi Milenial

Tentukan sumber dana

Setelah membuat budget dengan rapi, maka Anda harus menentukan darimana sumber dana pernikahan. Idealnya, sumber dana haruslah dari tabungan Anda yang tersedia, di luar dana darurat dan dana pensiun. Anda sangat tidak disarankan untuk mengambil pinjaman dana tunai maupun kartu kredit. Janganlah memulai pernikahan dengan berhutang. Karena hal itu akan membuat Anda menyesal di kemudian hari jika Anda tidak mampu membayarnya.

Gunakan paket wedding organizer

Di jaman sekarang, sudah banyak wedding organizer bermunculan. Anda dapat mencari harga atau diskon sebanyak mungkin. Cobalah untuk mendatangi pameran pernikahan yang biasanya memberikan tawaran spesial sehingga Anda bisa lebih hemat dalam mengeluarkan biaya.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menggelar acara pernikahan Anda? Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki, agar tidak menyesal di kemudian hari. Selamat mencoba!

Baca juga: Yuk Atur Keuangan Anda Bersama Pasangan!

Tinggalkan Balasan

perlunya bergabung dengan komunitas investor

6 Komunitas Investor yang Bisa Diikuti Investor Pemula

Kesetaraan gender tidak hanya penting dari sisi moralitas, keadilan, tetapi juga sangat penting dan relevan dari sisi ekonomi

Menkeu: Kesetaraan Gender Tidak Hanya dari Sisi Moralitas