in

Bagaimana Cara Memulai Perdagangan Saham

Apakah Anda ingin memulai perdagangan saham secara aktif, atau hanya ingin berinvestasi untuk jangka panjang, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai. Mengetahui apa yang diharapkan, dan alat apa yang Anda butuhkan, akan membantu mempersiapkan Anda sehingga entri Anda dalam perdagangan saham berjalan semulus mungkin. Inilah lima hal yang harus dilakukan sebelumnya.

 

Berkenalanlah dengan Pasar Saham

Saham adalah bagian kecil dari sebuah perusahaan. Harga saham (juga disebut “saham”) mencerminkan nilai perusahaan, dan pandangannya, sebagaimana ditentukan oleh orang yang memperdagangkan saham (pedagang dan investor). Saham tidak memiliki harga yang ditentukan, mereka terus berfluktuasi, setiap detik setiap hari. Untuk melakukan perdagangan, Anda memerlukan simbol “ticker” saham. Ketikkan nama perusahaan di Google Finance atau portal keuangan utama lainnya, dan simbol ticker disediakan. Ticker adalah kode surat satu hingga lima yang digunakan untuk memperdagangkan saham.

 

Anda dapat membeli saham dan kemudian mencoba menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat untung atau Anda menjualnya terlebih dahulu dan mencoba membelinya kembali dengan harga lebih rendah untuk mendapat untung. Yang terakhir ini disebut proses penjualan pendek; pedagang jangka pendek selalu melakukannya, sementara investor jangka panjang cenderung menghindarinya. Sebelum Anda mulai, kenali diri Anda dengan Bid / Ask Spread, karena beginilah harga bergerak. Juga, pelajari dasar-dasar membaca grafik saham dan harga saham.

 

Tetapkan Tujuan Anda Untuk Berdagang

Tetapkan apa yang Anda inginkan dari perdagangan Anda. Apakah itu sesuatu yang ingin Anda lakukan setiap hari? Apakah Anda ingin berdagang beberapa kali per minggu? Mungkin melakukan penelitian di malam hari jika Anda memiliki pekerjaan penuh waktu di siang hari. Atau apakah Anda ingin membeli saham dan menahannya untuk jangka panjang?

Tidak ada yang benar atau salah di sini. Lakukan semuanya atau salah satunya. Perdagangan harian adalah mengambil perdagangan yang berlangsung kurang dari sehari dan perdagangan sering hanya beberapa menit terakhir. Swing trading adalah mengambil perdagangan yang berlangsung dari satu hari hingga beberapa minggu. Investasi adalah mengambil perdagangan yang berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sebelum memutuskan mana yang akan dikejar, pertimbangkan keuangan Anda.

 

Baca Juga  7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Mahasiswa

Pertimbangkan Keuangan Anda

Jika Anda ingin memperdagangkan saham, Anda harus mempertahankan saldo setidaknya $ 25.000 di akun Anda. Jika itu tidak mungkin, itu mengesampingkan perdagangan harian (untuk beberapa celah lihat Cara Perdagangan Saham Hari Ini dengan Kurang dari $ 25.000).

Swing trading tidak memiliki persyaratan modal minimum, tetapi untuk dapat memperdagangkan saham dengan harga yang bervariasi, ketika peluang tersedia, disarankan setidaknya $ 10.000 berkomitmen untuk usaha ini. Jika melakukan perdagangan reguler, akun yang lebih kecil dari ini rentan untuk dipertaruhkan oleh komisi dan biaya (apa yang ditagih broker untuk perdagangan, dibahas di bawah).

Untuk berinvestasi membutuhkan modal lebih sedikit. Karena perdagangan diadakan untuk jangka waktu yang lama, komisi tidak terlalu menjadi faktor. Oleh karena itu Anda dapat mulai membeli saham segera setelah Anda mampu membeli 100 saham (saham biasanya berdagang dalam 100 blok) dari saham yang Anda minati. Menghemat uang komisi dengan membuat satu perdagangan alih-alih beberapa perdagangan. Misalnya, alih-alih membeli 100 saham setiap minggu, simpan uang itu selama sebulan dan buat satu pembelian lebih besar. Ini hanya berlaku jika nilai transaksi kecil, di mana komisi dapat mewakili persentase signifikan dari modal yang digunakan (lebih dari 1% signifikan). Di sisi lain, jika Anda membeli saham senilai ribuan dolar untuk setiap investasi, komisi sebagian besar tidak penting.

 

Baca Juga  Tekanan COVID, IHSG Masih Bisa Bertahan

Temukan Broker dan Trading Platform

Pialang memfasilitasi perdagangan antara peserta pasar, memungkinkan Anda untuk membeli saham dari penjual dan menjual saham ke pembeli (ada pembeli dan penjual untuk setiap transaksi). Sebagai seorang trader Anda menginginkan broker yaitu:

  • Biaya rendah (komisi dan biaya rendah)
  • Handal (dapat berdagang saat Anda inginkan, dengan pemadaman sistem minimal)
  • Jujur ​​(tidak akan mencuri uang Anda, atau terlibat dalam perilaku berisiko dengannya) 
  • Memberi Anda alat untuk penelitian (paling tidak penting, karena ada banyak alat gratis yang tersedia online)

 

Jika Anda ingin melakukan perdagangan harian, ada beberapa persyaratan tambahan:

  • Pialang harus melakukan pesanan secara instan. Tidak ada intervensi di pihak mereka. Bahkan penundaan satu detik terlalu banyak.
  • Kemampuan “Trade from chart”, dan / atau kemampuan untuk menempatkan, menyesuaikan, dan membatalkan pesanan dengan cepat.

Ada banyak broker, beberapa yang lebih baik untuk investor dan beberapa yang lebih baik untuk pedagang harian atau swing traders. Memilih broker adalah perdagangan terbesar dari semuanya; semua modal Anda diberikan kepada perusahaan ini. Luangkan waktu untuk meneliti faktor-faktor di atas sebelum memilih broker. Setiap broker menawarkan platform perdagangan. Ini adalah teknologi yang memungkinkan Anda melihat harga saham, melihat grafik, melakukan riset, dan yang paling penting melakukan pemesanan. Uji berbagai platform dengan membuka akun demo dengan berbagai broker.

 

Berlatihlah Sebelum Mendepositkan Uang

Saat Anda mempersempit pilihan broker Anda dengan bermain-main di akun demo mereka, berlatih menempatkan perdagangan. Biasakan berbagai jenis pesanan yang tersedia. Mulailah merumuskan strategi dan mengujinya pada grafik harga historis. Tempatkan perdagangan uang palsu berdasarkan strategi tersebut dan analisis temuan dengan statistik untuk melihat apakah strategi tersebut kemungkinan menghasilkan keuntungan.

Jika Anda tidak dapat membuat untung dari memperdagangkan uang palsu, ada sedikit gunanya membuang-buang uang nyata. Di sisi lain, menghasilkan pengembalian uang palsu tidak selalu berarti keuntungan uang nyata akan datang dengan mudah. Ada perbedaan antara perdagangan demo dan perdagangan nyata. Perdagangan demo masih merupakan alat yang sangat berharga. Dalam akun demo, praktikkan manajemen risiko yang tepat. Manajemen risiko adalah di mana Anda hanya mengambil risiko sejumlah kecil akun pada setiap perdagangan tunggal. Untuk lebih lanjut tentang manajemen risiko, lihat Menentukan Ukuran Posisi yang Tepat Saat Perdagangan Saham harian.

 

Baca Juga  Move on ke Cashless? Pelajari dulu Kelebihan Kekurangannya

Kata Akhir Memulai Perdagangan Saham

Perdagangan saham sangat menyenangkan karena melibatkan risiko dan imbalan. Melewati daftar ini akan memberi Anda akses ke pasar saham, tetapi tidak mengajari Anda cara berdagang. Memulai berdagang adalah bagian yang mudah, menjadi sukses adalah cerita lain. Ikuti panduan di atas untuk mengatur. Anda kemudian akan berada dalam posisi untuk meneliti strategi untuk jangka waktu yang ingin Anda perdagangkan (jangka panjang atau pendek). Untuk contoh strategi perdagangan sehari, lihat Cara Melakukan Perdagangan Saham dalam Dua Jam atau Kurang. Untuk strategi perdagangan jangka panjang, lihat Strategi Pertumbuhan Dividen. Ini hanya contoh; setiap individu harus menemukan strategi yang sesuai untuk mereka, tujuan dan situasi / kendala pribadi mereka.

Tinggalkan Balasan

Yuk Menjadi Pebisnis di Bulan Ramadhan!

Ini 5 Keuntungan Investasi Berlian, Mau Coba?