in

Coba 4 Kebiasaan Ini untuk Mengatur Keuangan Pribadi

(Foto: Pexels)

Mengatur keuangan pribadi bukanlah perkara yang mudah. Beberapa anak muda malah cenderung boros, karena tak bisa menabung dan uang habis tidak tahu kemana arahnya. Tapi ada waktunya dimana akhirnya Anda harus mengatur keuangan agar masa depan lebih cerah. Ada 5 kebiasaan yang bisa Anda terapkan agar keuangan pribadi bisa lebih teratur. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak di artikel ini!

1. Mengetahui dengan jelas semua pemasukan dan pengeluaran uang

Ini menjadi salah satu hal yang penting. Setidaknya jika Anda orang yang kurang teliti, catatlah semua pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan selama satu bulan. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menunduh aplikasi keuangan untuk mencatat hal tersebut.

Dengan pencatatan tersebut Anda akan mengetahui jumlah pengeluaran yang Anda keluarkan dalam satu bulan. Tak ada lagi uang habis yang Anda tidak ketahui kemana perginya.

Lihat daftar aplikasi pengatur keuangan, di sini.

2. Mulai menabung

Jika Anda sudah mengetahui dengan jelas jumlah pengeluaran pada setiap bulannya. Menabung akan lebih mudah. Anda akan tahu jumlah dana yang bisa ditabung setiap bulannya.

Baca Juga  Tips Megoptimalkan Keuangan Untuk Acara Pernikahan ( Part 2)

Menabung menjadi hal yang penting, apalagi jika Anda sudah berencana untuk berkeluarga. Jika memang belum pun, tabungan bisa menjadi dana darurat jika pada momen tertentu Anda membutuhkan biaya lebih.

3. Cek semua tagihan yang Anda keluarkan

Jangan sepelekan mengecek tagihan. Ini menjadi hal penting apalagi Anda ingin mengetahui semua pengeluaran Anda kemana perginya. Jika Anda rajin pun simpan struk-struk belanjaan Anda. Anda bisa membuangnya ketika sudah berganti bulan.

Selain itu, mengecek tagihan kartu kredit pun penting. Jangan sampai ada tagihan yang tidak sesuai, sehingga Anda harus membayar lebih.

Baca juga: Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai? Lakukan 5 Hal Ini!

4. Cicil dana untuk membayar tagihan kartu kredit per minggu

Memang biasanya kartu kredit dibutuhkan untuk “mengutang” terlebih dahulu. Tapi dari niatan tersebut bisa memuncak hingga akhirnya tagihan kartu kredit pun jumlahnya membludak.

Ada cara yang bisa Anda terapkan, yaitu dengan mencicil dana untuk membayar tagihan kartu kredit setiap minggunya. Mungkin memang kurang efisien, tapi setidaknya, tagihan kartu kredit jadi lebih terorganisir. Anda bisa mencicilnya, dengan mentransfer ke rekening Anda yang lain.

Baca Juga  Anggaran Untuk Pernikahan, Sudah Siap?

Tinggalkan Balasan

9 Game Smartphone Terpopuler

jenis jenis waralaba

3 Jenis-Jenis Waralaba Beserta Contoh