in

Pengeluaran Harian Anda Sering Berlebihan? Minimalisir dengan Tips Berikut

tips agar keuangan harian tetap aman

Bicara mengenai pengeluaran harian, tentu kita harus bisa mengaturnya agar dana yang keluar tidak meledak bahkan harus sehemat mungkin. Tapi bagaimana cara agar hidup kita tidak boros dalam kehidupan sehari – hari? Simak tips penting berikut

1. Menjual barang-barang yang tidak berguna

Daripada membuangnya, barang-barang yang tidak berguna akan bisa menghasilkan uang jika anda jual. Harga jualnya mungkin tidak seberapa, tapi daripada dibuang, bukankah lebih baik dijadikan uang? Paling tidak hasilnya bisa digunakan untuk memenuhi biaya kebutuhan tertentu.

2. Mematuhi daftar belanja

Jika ingin berbelanja, buatlah daftar belaja, catat barang apa saja yang anda butuhkan lalu berbelanja lah sesuai daftar tersebut.

Saat berbelanja, kebanyakan orang selalu tergiur dengan barang lainnya yang sedang ditampilkan di etalase. Anda tidak boleh seperti itu. Cobalah tahan keinginan untuk membelinya.

Semisal memang membutuhkan barang tersebut, tunggu dahulu hingga akhir bulan. Jika  ada sisa dana dari yang seharusnya digunakan, anda boleh membelinya tapi jika tidak, tabung dahulu uang tersebut untuk dikalkulasikan dengan sisa uang bulan depannya. Jangan sampai anda mengeruk uang tabungan anda untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu penting.

Baca Juga  Cara Menghabiskan THR Lebaran Ala Wanita

 

3. Membeli furniture bekas yang masih bagus

Bagi yang ingin melengkapi kemewahan rumah, anda bisa membeli furniture bekas. Harganya tentu lebih murah dan manfaatnya tetap maksimal. Anda nanti tinggal menambah sedikit polesan saja untuk bisa membuatnya terlihat cantik dan elegan. Di pusat barang bekas banyak ditemukan furniture bagus dengan harga murah. Akan lebih murah lagi jika anda kenal dengan yang menjualnya.

Namun ini hanya berlaku untuk furniture saja. Untuk barang elektronik seperti TV, komputer, pemutar CD, mesin cuci, kulkas, dan lainnya disarankan untuk membeli dalam keadaan baru karena barang elektronik bekas biasanya mudah rusak dan tidak bisa bertahan lama.

Untuk kendaraan seperti mobil dan motor, anda juga bisa membeli yang second karena harganya jauh lebih murah, apalagi yang keluaran lama. Jadi pilih saja yang keluaran lama jika ingin membeli kendaraan baru dengan harga murah.

 

4. Sering membaca buku

Apa hubungannya sering membaca dengan menghemat pengeluaran? Tentu saja berhubungan. Dengan membaca buku anda akan menemukan tips-tips atau informasi penting yang berhubungan dengan keuangan yang mungkin tidak bisa anda dapat dengan mudah di lingkungan tempat tinggal anda.

Baca Juga  Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

Membaca buku juga bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan kreatifitas anda. Namun agar lebih hemat, pinjam buku saja dari perpusatakaan, jangan membelinya.

Demikian tadi ulasan mengenai tips menghemat pengeluaran harian yang terbukti mengurangi pengeluaran uang. Dengan begitu anda bisa hidup lebih bahagia dan berkecukupan. Sekian, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca juga: Yuk Berhemat dengan Hapus Aplikasi di Smartphone!

Tinggalkan Balasan

3 instrumen investasi

Ligwina Hananto: Berikut Goals Porsi Pengeluaran Bulanan

Kesalahan forex trading Kurang tanggung jawab

Hindari Waktu ini Agar Tidak “Sial” dalam TradingFX