in

Cara Jitu Mewujudkan Tujuan Finansial Anda

Tujuan Finansial

Setiap orang tentunya memiliki tujuan atau goal dalam menetapkan tujuan finansialnya. Ada yang bercita-cita memiliki rumah idaman, mobil idaman, traveling dan lain sebagainya. Semua impian tersebut sebenarnya dapat terealisasikan, apabila anda dapat mengatur keuangan secara baik. Oleh karena itu sangat penting untuk menetapkan tujuan finansial, agar dapat fokus dalam mengatur keuangan. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengatur finansial dengan baik, sehingga tujuan finansial dapat tercapai? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Mulai Membagi Tujuan Finansial Anda

Tahap pertama yang harus anda lakukan ialah mulai menyusun rencana anda dari sekarang, dengan membagi tujuan finansial anda ke dalam 3 bagian. Ketiga bagian tersebut yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah serta jangka panjang.

a. Tujuan jangka pendek biasanya direncanakan dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. Pada tujuan ini harus menyiapkan dana yang mudah diakses. Jadi, income yang didapat dapat dialokasikan ke tabungan atau tabungan mata uang asing. Uang tersebut dapat bertambah dan dapat mudah diakses ketika dibutuhkan.

Baca Juga  Kakeibo, Bagaimana Cara Kerjanya?

b. Tujuan jangka menengah biasanya direncanakan sekitar 2 sampai 5 tahun mendatang. Gunakanlah tools budgeting untuk memantau semua biaya yang dikeluarkan oleh anda untuk dapat mengoptimalkan biaya. Untuk menambah pendapatan anda, dapat berinvestasi dengan membuka tabungan deposito dengan rate yang tinggi.

c. Tujuan jangka panjang biasanya direncanakan lebih dari 5 tahun. Pada jangka ini berinvestasi merupakan option yang cocok untuk mencapai tujuan finansial anda. investasi mungkin mendapatkan hasil yang lebih besar tetapi risiko yang didapat juga besar. anda harus memperhitungkan antara hasil dengan risiko yang didapat.

Baca juga : Tips Mengelola Finansial: Kebutuhan dan Keinginan

 

2. Aturan Khusus dalam Mewujudkan Tujuan Finansial

a. Buatlah tujuan finansial anda se-rasional mungkin. Dalam hal ini jangan anda menetapkan tujuan yang mustahil. Hal ini akan berakibat frustasi dan kecewa ditengah jalan. Rencanakan tujuan kecil anda, ketika sudah mencapai tujuan tersebut naikan tujuan anda sedikit demi sedikit.

b. Buatlah milestone untuk memantau perkembangan keuangan anda. Rayakan kesuksesan rencana anda untuk menambah semangat dalam menjalankannya. Selalu berfikir positif, milestone menunjukan perjuangan anda untuk tidak menyerah dan terus melakukan sesuai rencana anda.

Baca Juga  Menjadi Freelancer? Jawab Dulu Beberapa Pertanyaan Berikut!

c. Buang kebiasaan buruk anda. Jauhi kebiasaan buruk yang dapat menghabiskan uang dengan membeli barang-barang yang tidak anda dibutuhkan. Paksa diri anda untuk menghemat pengeluaran anda, agar keuangan anda dapat teralokasikan dengan optimal.

d. Cari seseorang patner yang layak. Hal tersebut bisa dilakukan oleh pasangan anda untuk membantu mengatur keuangan anda dan terus memantau perkembangan keuangan anda. Mereka juga dapat mengingatkan anda untuk disiplin untuk terus berada pada rencana yang ditentukan.

Baca juga : Sanksi Telat Bayar Pajak Dihapus Pemerintah? Begini Aturannya!

Itulah beberapa cara jitu PikiranTrader dalam mewujudkan tujuan finansial anda. Semoga dapat membantu mewujudkan impian anda. Sukses!

Tinggalkan Balasan

3 instrumen investasi

3 Instrumen Patut Kamu Coba Saat Mulai Berinvestasi

Program Introducing Broker

Introducing Broker, Program Milik Forex Broker