in

Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat

keuangan keluarga

Keuangan keluarga tentunya menjadi hal yang pokok dan musti diperhatikan. Dalam mengelola keuangan keluarga juga tentunya dibutuhkan ketelitian, agar keluarga dapat sejahtera secara finansial. Lalu bagaimana tanda bahwa kondisi keuangan keluarga dalam keadaan ‘tidak sehat’? Berikut ulasan PikriranTrader untuk anda;

1. Hutang Perbulan Melebihi 25% dari Total Penghasilan

Tidak sedikit jumlah orang yang saat ini memiliki angsuran tiap bulan yang harus dilunasi seperti angsuran rumah, perabotan, kendaraan dan yang lainnya.  Jika total jumlah angsuran ini melebihi kisaran 25% dari total penghasilan dalam sebulannya, maka ini pertanda bahwa keuangan keluarga anda sedang tidak sehat. Anda harus mencari solusi untuk menekan angka 25% tersebut. Jika angsuran tak dapat diganggu-gugat, maka caranya adalah dengan menambah penghasilan.

Carilah tambahan penghasilan di luar penghasilan pokok anda. Seperti menjadi freelancer ataupun mencoba untuk berdagang online. Seperti contohnya baju, tas, sepatu, kerajinan atau yang lainnya. Tidak perlu barang milik kamu sendiri yang dijual. Bisa dengan menjadi seorang dropshipper sehingga tidak perlu modal.

Baca Juga  Fashion dan Gadget Dominasi Trend Belanja

2. Proteksi Keuangan Lemah

Proteksi keuangan dalam hal ini berhubungan dengan asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan yang lainnya. Selai itu proteksi keuangan jugaada juga berkaitan dengan investasi. Investasi inilah yang sebenarnya dapat dijadikan opsi untuk memproteksi keuangan anda. Contoh investasi yang menjanjikan ialah investasi emas atau investasi properti seperti tanah, rumah, kontrakan dan lainnya yang dapat memberikan rasa aman terhadap keuangan keluarga. Jika tidak memiliki proteksi keuangan, maka saat uang kamu sudah habis, kamu masih masih aman.

Baca juga : Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

 

3. Tidak Memiliki Jumlah Saldo Tabungan yang Lebih dari 3 x Pengeluaran Rutin Setiap Bulannya

Yang dimaksud dengan saldo tabungan adalah tabungan murni di luar uang yang akan dipakai buat kebutuhan bulanan. Misal, jika kebutuhan bulanan yang akan keluar adalah 5 juta, maka saldo tabungan yang harus dimiliki adalah 3 x 5 juta, atau sama dengan 15 juta rupiah. Uang 15 juta yang ada di tabungan ini bisa diambil sewaktu-waktu atau saat kebutuhan darurat. Hal ini tentunya penting untuk diperhatikan, agar keuangan berjalan sehat. Jika tidak memiliki saldo tabungan, tentu meminjam akan jadi solusi sesaat tapi akan berakibat semakin memburuknya kondisi keuangan anda.

Baca Juga  Awas! Ini Kesalahan Umum Dalam Memilih Tempat Usaha (Part 1)

4. Tidak Memiliki Dana Pensiun

Dana pensiun bukan untuk mereka saja yang bekerja sebagai abdi negara (ASN) melainkan juga bagi siapa saja termasuk freelancer ataupun wiraswasta. Caranya adalah memiliki tabungan yang dikhususkan untuk usiai tua dan tidak boleh diambil hingga usia tua nanti. Ini adalah cara terbaik untuk bisa memiliki dana pensiun. Jika anda memiliki lahan investasi yang bisa likuid, maka bisa juga dijadikan dana usia senja.

Tinggalkan Balasan

bekerja di Perusahaan Startup

Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup

Situs lowongan kerja terbaik

10+ Situs Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia (Part 1)