in

Kolaborasi Bank dan Fintech, Apa Saja Keuntungannya?

Kehadiran keuangan berbasis technology atau biasa disebut Financial Technology (Fintech) memberikan udara segar bagi industry keuangan. Namun, kehadirannya juga membutuhkan bantuan perbankan agar terus tumbuh. Sehingga kolaborasi bank dan Fintech sangat dibutuhkan.

Pertumbuhan Fintech sedang berlangsung di seluruh dunia. Hal tersebut merupakan salah satu fondasi revolusi industry 4.0.

Sayangnya, apa yang respon yang ditunjukan oleh perbankan sekarang masih negative. Mereka memandang Fintech sebagai pesaing mereka. Sehingga, mereka hanya focus untuk mengembangkan teknologi mereka sendiri. Usaha pengembangan tersebut mengharuskan bank menghabiskan dana investasi yang tidak sedikit. Seharusnya, mereka bisa memilih untuk berkolaborasi bersama Fintech.

Melalui kolaborasi, bank dan Fintech startup bisa mendapatkan pasar yang jauh lebih luas. Berikut adalah alasan mengapa bank dan Fintech perlu bekerja sama.

Read more: Jendela, Wadah Aduan Konsumen Fintech Asli Indonesia

Pertumbuhan Inovasi Fintech

Tingginya jumlah data yang dimiliki Fintech berakibat pada pesatnya pertumbuhan kekuatan mereka. Fintech mampu menawarkan berbagai product baru. Produk mereka menawarkan solusi yang mampu menyelesaikan permasalahan kunsumen.

Baca Juga  Langkah - Langkah Persiapan Pensiun, Khusus Perempuan

Akibatnya popularitas mereka juga berkembang dengan sangat pesat. Nama-nama seperti Amartha, Finansialku, T-Cash, Midtrans telah tumbuh dengan cepat.

Pertumbahan Konsumen

Kolaborasi bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan manfaat teknologi yang maksimal. Mereka juga akan dengan mudah memenuhi permintaan konsumen yang selalu menggunakan Internet.

Banyak penelitian yang membuktikan tingginya permintaan konsumen aktif Internet terhadap produk finansial. Penggunaan Fintech berbanding lurus dengan jumlah pembayaran dan transaksi uang.

Situasi yang saling menguntungkan

Untuk perusahaan Fintech, kolaborasi dengan institusi keuangan akan memberikan akses pendanaan. Dengan kolaborasi, perkembangan berkelanjutan akan menjadi lebih memungkinkan. Tingginya kemunculan Fintech startup baru mengancam perkembangan Fintech yang telah ada. Sehingga, perkembangan yang berkelanjutan sangatlah penting.

Untuk bank, mereka akan mendapatkan pendekatan berbasis data dengan dana yang lebih kecil. Mereka juga akan mendapatkan tenaga teknis dan kinerja yang lebih efisien. Bank akan bisa menekan budget structural mereka. Pekerja bank juga akan mendapatkan tambahan waktu untuk menyelesaikan tugas lain. Mereka juga mendapatkan tambahan waktu untuk menyesuaikan produk dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga  Apa itu Rekening Koran? Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Kolaborasi bank dan Fintech akan menghasilkan sistem finansial yang kuat.

Tinggalkan Balasan

milenial berinvestasi reksadana

Penelitian: Gara-Gara Medsos, Milenial Makin Boros

tanggung jawab divisi marketing terhadap keberlangsungan perusahaan

Mengenal Marketing, Apa Saja Perannya?