in

Pentingnya Memiliki Dana Darurat, Apa Alasannya?

pentingnya Dana darurat

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Sayangnya selama ini banyak orang abai dalam menjaga kesehatannya. Peribahasa “mencegah lebih baik daripada mengobati” baru menjadi sebatas peribahasa. Faktanya banyak orang baru sadar akan pentingnya menjaga kesehatan ketika sudah jatuh sakit dan dihadapkan pada biaya berobat yang mahal.

Ketika sudah jatuh sakit, biaya pengobatan memang kerap menjadi masalah yang cukup memusingkan. Apalagi jika tidak ada dana darurat  yang disiapkan untuk kondisi-kondisi tak terduga. Kondisi seperti ini bisa berbahaya, terlebih bila tagihan biaya rumah sakit lebih besar dari pendapatan yang dimiliki.

Mengapa Harus Memiliki Dana darurat?

Mengingat mahalnya biaya berobat, biaya pendidikan, dan lain-lain, sangat penting untuk melingkapi diri Anda dan keluarga dengan berbagai proteksi. Proteksi pertama adalah asuransi. Proteksi kedua adalah dana darurat, yang masih kerap dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Memilki dana darurat sangat penting, pertama karena dana itu memungkinkan kondisi finansial tetap stabil sekalipun tengah ditimpa keadaan tak terduga. Adanya dana ini membuat Anda bisa mengatasi keadaan darurat tanpa harus mengatur pos-pos keuangan yang sebelumnya sudah Anda atur sedemikian rupa.

Baca Juga  Anggaran Untuk Pernikahan, Sudah Siap?

Alasan lain adalah agar Anda tidak perlu mengambil utang sebagai solusi atas masalah yang tengah dihadapi. Meminjam uang kepada pihak lain memang terdengar seperti solusi yang praktis dan cepat. Sayangnya solusi yang tampak mudah tersebut berpeluang memunculkan masalah baru di kemudian hari.

Masalah yang timbul dari memiliki utang adalah keuangan yang tidak stabil karena harus membayar cicilannya setiap bulan. Akan semakin parah jika utang tersebut berbunga, karena jumlah yang harus Anda bayar jadi lebih besar dari jumlah yang Anda pinjam. Sebaiknya menyelesaikan masalah dengan utang tidak masuk dalam daftar opsi Anda.

Alasan pentingnya memiliki dana darurat selanjutnya yaitu untuk membiasakan diri menabung dengan cara yang berbeda. Jika Anda bisa menyisihkan dana darurat secara disiplin ada kemungkinan jumlahnya jadi lebih banyak dari yang Anda rencanakan. Jika sudah sampai pada tahap demikian maka kelebihan jumlah bisa Anda gunakan untuk kepentingan lain yang tak masuk dalam kebutuhan primer. Sesekali membahagiakan diri sendiri tentu tak ada salahnya.

Baca Juga  Rupiah Menguat Terhadap Yen, Menjauhi Level Terlemah

Ketenangan finansial pastilah Anda peroleh jika bisa mengelola dana darurat dengan baik. Anda tak perlu lagi was-was jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan. Bila terjadi masalah, Anda cukup fokus memikirkan penyelesaian masalah karena sokongan dana sudah cukup.

Itulah berbagai alasan pentingnya kita harus memiliki dana darurat. Sudahkan anda mulai menabung untuk dana darurat?

Baca juga: Meyiapkan Dana Darurat untuk Kebutuhan Tak Terduga? Begini Caranya!

Tinggalkan Balasan

Kegunaan tersembunyi kartu kredit

Untuk Milenial, Simak Kegunaan Tersembunyi dari Kartu Kredit Berikut!

OJK saasar siswa SMP untuk tingkatkan inklusi keuangan

Ini yang Dilakukan OJK untuk Capai Target Inklusi Keuangan 2019