in

Hal-hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kredit Tanpa Agunan (Part 1)

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik

Jika kamu tengah membutuhkan dana segar untuk berbagai kebutuhan, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Salah satunya, meminta Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank atau lembaga keuangan.

Perlu diketahui, KTA merupakan pinjaman perorangan kredit tanpa agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Sesuai namanya, keunggulan dari produk ini kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa harus memberikan Jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah, mobil BPKB, atau lainnya.

KTA berbeda dengan KPR atau KUR yang harus diperuntukan khusus untuk pembiayaan rumah dan usaha. Dengan kredit tanpa agunan, ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari renovasi rumah, pinjaman usaha, pendidikan dan lainnya.

Sebelum meminta KTA, ikuti 9 informasi penting yang harus Anda ketahui.

1. Manfaat KTA

Kredit tanpa agunan masuk ke dalam kategori kredit konsumtif. Nah, bank pihak tidak mewajibkan pengeluaran untuk menggunakan dana tunai KTA untuk kebutuhan tertentu. Alhasil, dana pinjaman dari produk KTA dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sebut saja renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya perawatan, dana liburan, biaya pernikahan, dan kebutuhan konsumtif lainnya.

Baca Juga  Mau Beli Saham Penyokong Gundala?

Produk ini juga memiliki banyak keistimewaan. Beberapa di atas tidak perlu persyaratan Kredit, prosesnya cepat, mudah dalam melakukan pembayaran, hingga suku bunga ringan dan kompetitif.

[nextpage]

2. Lihat cara mudah mendapatkan KTA

Setiap bank atau lembaga keuangan, memiliki persyaratan khusus untuk proses pencairan kredit KTA. Namun, secara umum, persyaratannya adalah sebagai berikut:

– Warga Negara Indonesia
– Usia minimum 21 tahun, dan maksimum 65 tahun
– Minimum penghasilan Rp5 juta
– Memiliki kartu kredit dengan masa kepemilikan minimal satu tahun
– Melengkapi akun dokumen, seperti: fotokopi paspor, fotokopi rekening tabungan, fotokopi kartu kredit bagian depan, fotokopi NPWP, dan slip pembayaran.

Baca juga: Simak Cara Mengatasi Kartu Kredit Overlimit Berikut!

[nextpage]

3. Pengajuan KTA dapat dilakukan secara online

Jika ingin yang lebih simpel, Anda dapat meminta KTA secara online. Lewat cara ini, kamu bisa lebih leluasa dalam menentukan waktu pengajuan karena tidak bergantung pada jam operasional kantor cabang bank.

Manfaat lain adalah kamu bisa menghemat waktu. Pasalnya, kamu cukup membuka situs produk finansial yang menawarkan KTA tanpa harus pergi ke bank. Kemudian, kamu bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang beragam produk bank KTA. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga  Banyak Kondangan dalam Sebulan, Ini Siasat Ekonomisnya

Selain itu, di bandingkan situs juga tawarkan layanan untuk membandingkan layanan produk KTA dari berbagai bank. Diharapkan, kamu bisa mengerti produk mana suku bunganya lebih rendah dan lain sebagainya.

Baca juga: Hindari Utang Kartu Kredit Pada 4 Hal Ini!

[nextpage]

4. Jumlah dana yang diterima dari KTA

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, KTA merupakan fasilitas kredit yang diberikan tanpa menggunakan agunan. Alhasil, batas plafon kreditnya pun berbeda dengan produk bank yang menggunakan Jaminan. Rata-rata bank menawarkan pinjaman plafon KTA mulai dari Rp5 juta hingga Rp330 juta.

Rata-rata jumlah kamu akan mempengaruhi batas pinjaman KTA yang didapat. Karena bank akan menghitung lebih lanjut tentang meminta pembayaran Anda sebagai calon pemohon kredit. Semakin besar kamu, maka pinjaman yang bisa didapat dari bank juga akan semakin besar.

Hal lain yang juga menjadi pertimbangan pihak bank adalah batasan kartu kredit yang diminta oleh pemohon kredit. Khusus, pinjaman besar yang diberikan pihak bank dapat empat kali lipat dari batas kartu kredit yang dimiliki. Bank juga biasanya akan menyetujui pengajuan KTA kamu menambah jumlah cicilan KTA per bulan tidak melebihi 40% -60% dari total perkiraan kamu.

Baca Juga  4 Manfaat Deposito yang Wajib Anda Ketahui

Tinggalkan Balasan

investasi milenesia

Narada: Milenesia Cash Fund Siap Menarik 1.000 Investor Milenial

emas

Rekomendasi Situs Transaksi Emas Online Terpercaya