in

Kelebihan Menabung di Celengan daripada di Bank

Cara Menabung Kekinian Ala Generasi Milenial
Kelebihan Menabung di Celengan daripada di Bank (C) TOKOPEDIA

Mereka yang mengetahui kelebihan menabung di celengan biasanya ogah ketika disuruh menyimpan uangnya di bank. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Bagi sebagian orang, ada yang menganggap menabung di celengan itu hal yang kuno. Namun, bagi sebagian orang lainnya, kebiasaan tersebut memiliki banyak kelebihan. Semua baik-buruknya kembali pada masing-masing individu dalam menyikapinya.

Menabung di celengan biasanya menjadi kebiasaan sejak masih berusia kanak-kanak. Banyak orang tua di Indonesia sudah mengajarkan kebiasaan ini kepada buah hati mereka. Jika sudah terbiasa, tentunya sulit untuk mengubahnya. Bisa jadi kebiasaan tersebut terbawa sampai remaja, hingga dewasa.

Ada yang sejak berusia balita oleh orang tuanya dibelikan calengan ayam dari tanah liat, atau celengan plastik dengan bentuk tokoh kartun idola. Ada pula orang tua yang memilih membuatkan anaknya celengan sederhana dari kaleng bekas, bambu atau botol air mineral besar. Apa pun bentuknya, asal bisa digunakan untuk menabung, celengan itu akan bermanfaat.

Lalu apa kelebihan menabung di celengan daripada di Bank? Berikut ini ulasan menariknya dari pikirantrader.com.

1. Tanpa Potongan Biaya Administrasi

Kelebihan menabung di celengan yang pertama adalah tanpa potongan untuk biaya administrasi. Biaya ini pasti dikenakan jika Anda menabung di bank.

Baca Juga  Kenalan dengan OJK. Sejarah dan Visi Misinya

Memang, ada beberapa produk tabungan dari bank tertentu yang tidak mengenakan potongan biaya administrasi ini. Tetapi, jumlahnya bisa dibilang jarang sekali.

Mayoritas bank akan mengenakan potongan berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu rupiah per bulan. Pemotongan itu dilakukan secara otomatis dari saldo tabungan nasabah.

Potongan untuk biaya administrasi itu tetap berlaku sekalipun saldo nasabah kosong. Sebab, ada syarat dan ketentuan jika saldo nasabah tak mencukupi dalam waktu tiga bulan berturut-turut, maka pihak bank berhak menutupnya sepihak. Pihak bank juga berhak tak memberitahukannya lebih dahulu kepada nasabah.

Berbeda dengan menabung di bank, jika menabung di celengan Anda tak perlu khawatir uang tabungan akan berkurang otomatis tiap bulan. Sebab, tak akan ada potongan untuk biaya apa pun untuk tabungan Anda.

2. Tanpa Aturan Kapan Harus Menabung

Kelebihan menabung di celengan berikutnya adalah tanpa aturan kapan harus menabung. Anda bisa memasukkan uang ke celengan kapan pun ingin mengisinya.

Jika menabung di bank, Anda terikat hari dan jam kerja bank yang bersangkutan. Ketika akhir pekan, Sabtu atau Minggu, dan hari libur nasional, biasanya bank tutup. Praktis Anda tak akan bisa mendapatkan pelayanan untuk menanung. Anda juga hanya bisa menabung di jam kerja, biasanya pukul 08.00-15.00 WIB.

Baca Juga  Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil

Memang, ada pihak bank yang menyediakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) khusus setor tunai. ATM jenis itu memungkinkan Anda menyetor sejumlah uang tanpa harus menyesuaikan dengan hari dan jam kerja bank yang bersangkutan. Hanya saja, keberadaan ATM setor tunai itu tak menjangkau sampai ke pelosok daerah.

Dengan memilih menabung di celengan, Anda tak perlu datang ke bank ataupun ATM setor tunai. Yang terpenting, Anda bisa memasukkan uang ke dalam celengan kapan pun itu, pagi, siang, sore atau malah hari sesuka hati.

3. Tanpa Batasan Nominal Minimal

Kelebihan menabung di celengan yang lain adalah tanpa batasan nominal minimal ketika Anda ingin menabungkan uang. Sementara, jika menabung di bank Anda dikenai aturan yang ketat terkait hal ini.

Untuk setoran awal untuk membuka rekening, pihak bank biasanya mematok nominal minimal 250 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Memang, ada sebagian jenis tabungan yang membebaskan jumlah setoran awalnya, namun hanya dikhususkan untuk para pelajar. Sementara, setoran berikutnya Anda harus menabungkan uang minimal 50 ribu rupiah dan kelipatannya.

Baca Juga  Kenalan dengan Utang Produktif yuk,!

Kalau Anda menabung di celengan, tak ada aturan yang mengikat seperti itu. Keuntungan ini memungkinkan Anda bebas memasukkan uang dengan nominal berapa saja ke dalam celengan. Asalkan itu uang sendiri, tak ada yang melarang Anda.

4. Tanpa Godaan Berbelanja Praktis

Kelebihan menabung di celengan selanjutnya adalah Anda terhindar dari godaan berbelanja praktis. Sebab, tak mungkin celengan itu Anda bawa ke mana pun pergi.

Tiap nasabah yang membuka rekening di bank biasanya mendapatkan kartu debit. Kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja di mana pun, asal si penjual menyediakan mesin debit untuk menggeseknya. Kepraktisan kartu debit ini yang bakal menggoda pemiliknya untuk terus memakainya.

Sekali pun tak ada mesin debit, Anda bisa mengambil uang di rekening melalui beberapa ATM bank yang bersangkutan. Praktis memang, namun bagi yang tak dapat mengendalikan diri, bakal menguras isi tabungannya.

Bila menabung di celengan, Anda akan berpikir berulang-ulang untuk memecahkannya setiap Anda tergoda berbelanja suatu barang yang kadang justru tidak dibutuhkan. Biasanya, celengan itu hanya akan Anda pecah atau bongkar ketika sudah benar-benar penuh.

Tinggalkan Balasan

5.6 juta Lapangan Kerja Baru

3 Hal yang tidak Perlu Anda Lakukan Setelah Wawancara Kerja

cuti kerja

Jenis Cuti & Istirahat Kerja Yang Wajib Anda Ketahui