in

Belajar Hidup Hemat dari Ibu Rumah Tangga di Jepang (Part 1)

Bagi perempuan karier, hidup sehat bisa jadi amat susah diwujudkan. Mobilitas perempuan karier berpotensi membuat hidup tidak seimbang.

Selain mengurus keluarga dan rumah, wanita Jepang juga harus terampil dalam menghitung biaya hidup mereka, sehingga banyak uang yang bisa dihemat. Ibu rumah tangga di jepang harus bisa menekan pengeluaran karena sebagian besar rumah tangga di Jepang merupakan keluarga kelas menengah.

Gaji yang tidak terlalu besar, biaya hidup yang sangat tinggi dan berbagai hal lain membuat para ibu di Jepang sangat berhati hati agar bisa meminimalisir pengeluaran. Berikut ini adalah tips berhemat ala Ibu – ibu di jepang:

Baca juga: Mengenal Teknik Kakeibo, Seni Menyimpan Uang ala Jepang

1. Pergi ke Supermarket Dengan Daftar Belanja

Mungkin banyak yang tidak menyadari jika gaji bulanan juga bisa lebih cepat habis jika anda pergi ke supermarket tanpa membawa daftar belanja. Agar bisa hemat, Ibu rumah tangga Jepang terlebih dulu selalu membuat daftar belanja. Sebelum pergi ke supermarket agar pembelian barang di luar rencana juga bisa dihindari.

Jika anda berkeliling supermarket tanpa tujuan, maka ini akan membuat anda lebih mudah tergoda dengan berbagai promo, diskon atau keinginan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak penting. Sedangkan untuk para ibu di Jepang akan melakukan hal berbeda yakni membeli semua barang yang sudah ada dalam daftar dan langsung menuju ke kasir.

Baca Juga  Cara Cerdas Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Baca juga: Kakeibo, Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Bandingkan Harga

Selain membawa daftar belanjaan, ibu rumah tangga di Jepang juga memiliki kebiasaan membandingkan harga sebelum membeli. Ibu rumah tangga di Jepang selalu meluangkan waktu untuk membandingkan harga barang dari semua merek yang ada di pasar.

Ini mereka lakukan untuk mendapatkan pilihan tentang harga dan juga nilainya. Sedangkan untuk yang gemar minum kopi di kafe terkenal, maka akan pindah ke kedai kopi lokal. Tentunya yang memiliki rasa kopi tetap nikmat namun dengan harga yang lebih murah.

3. Merencanakan Tabungan Dengan Baik

Untuk pengeluaran di waktu berikutnya seperti renovasi rumah atau untuk liburan, ibu rumah tangga di Jepang juga terbiasa untuk membuat target menabung yang harus terpenuhi setiap minggunya. Dengan ini, maka proses menabung tidak akan terasa berat dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang juga sangat tepat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari anda.

Itulah 3 tips hemat ala ibu-ibu di Jepang yang patut anda tiru. Untuk tips hemat ala ibu-ibu di Jepang yang lain tunggu artikel selanjutnya yaa!

Baca Juga  Promo Dompet Digital Membuat Kita Semakin Boros. Benarkah?

Tinggalkan Balasan

Pertanyaan yang sering ditanyakan trader pemula

3 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Trader pemula

Sering disingkat juga sebagai MA, Moving Average adalah indikator analisis teknikal yang paling sering digunakan karena bisa dibilang paling sederhana dibandingkan indikator lainnya.

Menutup Hari Jumat, IHSG Menguat