in

7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku

7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku (C) EDUCENTER
7 Tips untuk Pelajar Agar Menghemat Uang Saku (C) EDUCENTER

Uang saku bisa jadi merupakan satu-satunya sumber pemasukan bagi pelajar. Dengan menghemat uang saku, para pelajar bisa memiliki uang lebih untuk ditabung. Tapi, bagaimanakah caranya agar bisa berhemat? Berikut ini ada 7 tips ala pikirantrader.com.

Menghemat uang saku sangat penting bagi seorang pelajar. Uang sisa dari penghematan itu bisa digunakan untuk keperluan lain, terutama keperluan sekolah. Misalnya saja, untuk membeli buku pelajaran, alat tulis, seragam, bahkan membayar SPP. Dengan berhemat, Anda juga turut membantu keuangan orang tua yang memberi uang saku setiap bulannya.

1. Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran merupakan salah satu cara untuk menghemat uang saku bagi pelajar. Anggap saja Anda sebagai seorang manajer keuangan yang sedang mengelola keuangan sendiri.

Mencatat pengeluaran ini memang bukan pekerjaan yang menyenangkan. Namun, dengan melakukan pencatatan tiap mengeluarkan uang, Anda tahu berapa saja uang yang dikeluarkan. Dengan membaca catatan sendiri, Anda bukan cuma mengetahui uang yang dikeluarkan, melainkan juga akan berhati-hati ketika nominal di catatan tersebut membengkak.

Jika pernah mempelajari ilmu akuntansi di sekolah, mungkin Anda akan lebih mudah dalam melakukan pencatatan ini. Yang sederhana, buatlah tabel yang berisi pemasukan uang saku, dan daftar pengeluaran rutin setiap harinya. Jangan sampai mendapatkan hasil minus, yang artinya pengeluaran Anda lebih banyak daripada uang saku.

Baca Juga  Kakeibo, Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Selektif Membeli Jajanan

Lebih selektif dalam membeli jajanan tiap hari juga salah satu cara agar bisa menghemat uang saku bagi pelajar. Tak perlu membeli jajanan mahal kalau cuma untuk ikut-ikutan tren terkini.

Belilah jajanan yang murah, tapi mengenyangkan di kantin sekolah. Kalau perlu, bawalah bekal nasil dan lauknya dari rumah, agar uang saku utuh karena tidak perlu jajan di kantin.

3. Hapus Uang Transportasi

Menghapuskan uang transportasi juga salah satu cara untuk menghemat uang saku bagi pelajar. Tapi, bukan berarti Anda harus jalan kaki dari rumah ke sekolah.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjalankan tips ini. Misalkan, naiklah bus sekolah jika memang sekolah Anda dilewati oleh rute bus tersebut dari rumah. Pemerintah daerah di sejumlah kota maupun kabupaten sudah banyak yang menyediakan fasilitas satu ini.

Selain itu, jika Anda seorang perantau yang harus tinggal di rumah kost, pilihlah rumah kost yang dekat dengan sekolah. Hal ini menghindari adanya pengeluaran untuk uang transportrasi atau uang kost.

4. Cari Diskon Khusus Pelajar

Berburu diskon khusus pelajar juga bisa menjadi solusi agar bisa menghemat uang saku bagi pelajar. Jangan pedulikan cibiran sebagian pelajar lain, yang umumnya dari kaum berada yang tinggal minta orang tua ketika butuh uang.

Baca Juga  Memiliki Lebih dari 1 Kartu Kredit? Ini Manfaatnya! (Part 2)

Jangan ragu untuk bertanya kepada pelayan toko atau kedai makanan tentang diskon khusus pelajar ini. Biasanya mereka menyediakan potongan harga jika Anda datang dengan mengenakan seragam sekolah atau menunjukkan kartu pelajar.

5. Beli Buku Pelajaran Bekas

Membeli buku pelajaran bekas juga merupakan cara untuk bisa menghemat uang saku bagi pelajar. Jangan malu sekalipun tidak memakai buku baru, asalkan isinya sama.

Di sejumlah daerah sudah tersebar beberapa toko buku yang khusus menjual buku-buku bekas. Anda bisa mencari buku pelajaran di toko-toko buku tersebut dengan harga yang lebih murah. Anda juga bisa membeli buku pelajaran bekas itu ke kakan kelas, syukur-syukur jika mendapatkan hibah secara cuma-cuma.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa meminjam buku di perpustakaan. Andai tak ada di perpustakaan sekolah, carilah di perpustakaan kota. Di sana biasanya menyediakan bermacam buku pelajaran yang lebih lengkap.

6. Jangan Beli Barang yang Tak Diperlukan

Membeli barang yang cuma diperlukan saja juga bisa menjadi solusi untuk menghemat uang saku bagi pelajar. Niscaya, membeli barang-barang yang tak diperlukan hanya akan menghabiskan uang saku Anda.

Baca Juga  Belajar Hidup Hemat dari Ibu Rumah Tangga di Jepang (Part 2)

Jangan sering-sering cuci mata ke mall atau marketplace di media sosial agar terhindar dari masalah ini. Banyak orang yang khilaf ketika melakukan aktivitas demikian. Kadang tanpa sadar mereka menghabiskan uang saku, bahkan sampai berhutang kepada teman.

7. Jadi Anak Rumahan

Menjadi anak rumahan adalah cara lain untuk bisa menghemat uang saku bagi para pelajar. Dengan berdiam diri di rumah, Anda tak akan kehilangan uang saku dengan sia-sia.

Kadang, ada saja pelajar yang punya gaya hidup pergi ke kafe, nonton bioskop, atau nonton konser. Memang menyenangkan, tapi tanpa sadar kegiatan tersebut berpotensi menguras uang saku.

Untuk berhemat, gunakan waktu luang dengan kegiatan yang lebih edukatif. Utamakan kegiatan yang tak perlu mengeluarkan uang banyak. Anda bisa menyalurkan hobi berkebun, membaca buku, menulis, berlatih alat musik, atau olah raga.

Nah, itu tadi 7 tips untuk pelajar agar menghemat uang jajan setiap bulannya. Anda bisa mencobanya, atau mungkin Anda memiliki tips tambahan, bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

15 BUMN

Deretan 15 BUMN Dengan Laba Terbesar, Siapakah Yang Menduduki Posisi Pertama?

kerugian bisnis franchise

Yakin Mau Memulai Bisnis Waralaba? Pelajari Kerugiannya dulu