in

Awas! Kondisi ini Jadi Biang Pengeluaran Tak Terduga Anda!

kondisi pengeluaran tak terduga

Pernahkah anda mengalami keadaan dimana di awal bulan, anda selalu melakukan perencanaan pengeluaran selama sebulan untuk membantu agar dapat hidup hemat. Daftar tersebut di cek berulang kali hingga anda sangat yakin bahwa akan dapat menabung. Akan tetapi ketika di akhir bulan anda meninjau kembali daftar rencana dengan pengeluaran anda sebenarnya. Dan hasilnya selalu saja pengeluarannya lebih besar dari yang direncanakan. Lalu apa sebabnya? Hal ini dikarenakan selalu ada sumber pengeluaran tak terduga setiap bulan yang anda keluarkan. Pengeluaran tak terduga ini dapat berbentuk apa saja. Setiap orang pun memiliki problematika keuangan masing-masin. Oleh karena itu penting untuk anda tahu apa saja hal sepele, yang umumnya menjadi sumber pengeluaran tak terduga anda selama ini. Lalu, apa saja hal sepele itu? Berikut ulasan PikiranTrader untuk anda;

Baca juga: Meyiapkan Dana Darurat untuk Kebutuhan Tak Terduga? Begini Caranya!

1. Jatuh Sakit

Seperti yang kita tahu, tidak ada orang yang tidak pernah jatuh sakit. Kondisi inipun tidak ada juga yang dapat memprediksi kapan akan jatuh sakit. Penyakit bisa datang kepada siapa, kapan saja dan dimana saja, baik ketika kita sedang banyak uang ataupun kurang uang. Pengobatan pun tidak selalu murah. Oleh karena itu, kita harus sigap  dalam mengantisipasi hal ini. Menerapkan gaya hidup sehat tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Baca Juga  Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

2. Tertimpa Musibah

Sama halnya seperti penyakit, musibah juga merupakan kondisi yang dapat menjadi biang pengeluaran tak terduga anda. Musibah tentunya juga datang tanpa adanya perencanaan. Ketika bencana datang, pengeluaran yang harus dikeluarkan menjadi besar. Masalah akan semakin runyam ketika anda tidak memiliki uang untuk menyelesaikannya. Musibah yang dimaksud disini ialah musibah yang terjadi karena human eror maupun kondisi alam.

3. Tergoda Diskonan

Tak dapat dipungkiri, potongan harga memang sungguh sangat menggoda. Apalagi jika barang itu sudah lama kita incar. Saat itulah kita harus mengambil keputusan yang cukup berat, yaitu untuk tetap menahan diri karena itu bukan kebutuhan, atau beli saja karena kesempatan tidak datang dua kali. Apapun pilihan anda, ingatlah untuk selalu selektif dan pikir dahulu matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli. Ingat bagaimana kondisi keuangan anda dan seberapa butuh anda akan barang tersebut. Jangan sampai menyesal setelah membeli ya!.

Baca juga: Musim Diskon? Atur Keuanganmu!

4. Traktiran

Ya, kita tahu bahwa pengeluaran untuk hal ini biasanya terjadi di bulan ulang tahun. Ketika momen bahagia itu datang biasanya kita ingin merayakannya bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Tentunya untuk melakukan perayaan harus ada uang yang dikeluarkan, sekedar untuk membeli makanan maupun untuk biaya pesta. Tapi ingat, traktiran itu tidak harus mahal, carilah tempat yang kiranya sesuai dengan kondisi kantong. Jangan paksakan diri anda apabila kondisi keuangan anda memang tengah tak memungkinkan.

Baca Juga  Mulai Sukses Anda dari 4 kebiasaan kecil Ini!

5. Harus Memberi Hadiah / Sumbangan

Sebagai mahluk sosial, tentu sifat berbagi itu sangat perlu. Kegiatan inipun juga merupakan sumber pengeluaran tak terduga setiap bulannya. Ketika diundang ke pesta pernikahan teman misalnya, memberikan hadiah merupakan hal yang sangat lazim. Ketika memberi hadiah atau sumbangan, jangan berkaca pada orang yang lebih tinggi status sosial maupun keadaan finansialnya hanya karena alasan gengsi. Karena tentunya hal itu hanya membuat keuanganmu kacau. Ini bukan berarti anda harus pelit, namun yang perlu anda ingat adalah hadiah itu harus yang sesuai dengan kemampuan

Baca juga: Pentingnya Memiliki Dana Darurat, Apa Alasannya?

Itulah beberapa kondisi yang dapat menjadi biang pengeluaran tak terduga anda. Sesuai dengan namanya, pengeluaran tak terduga memang datang tiba-tiba, oleh karena itu penting untuk anda mempersiapkan hal ini. Semoga ulasan diatas dapat menjadi warning untuk anda, tentunya agar lebih sigap dalam mengatur keuangan anda.

Tinggalkan Balasan

kalimantan

3 Saham yang Berpengaruh Dengan Perpindahan Ibu Kota

nilai bisnis limbah makanan - Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Limbah Makanan Bernilai USD 2,5 Triliun