in

Masih Awal Bulan, Tapi Gaji Sudah Menipis? Ini Penyebabnya!

Perasaan barusan gajian, masih tanggal muda alias awal bulan, tapi gaji kok sudah menipis ya? Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Bahkan sebelum tanggal gajian berikutnya, seringkali gaji di tangan sudah habis begitu saja.

Hal ini tentu tidak sedikit yang merasakannya. Baik yang muda ataupun yang sudah cukup berumur. Acapkali Anda sering kesulitan menjelang tanggal gajian berikutnya. Dikutip dari Kompas.com, kira-kira apa ya penyebab dari gaji yang tidak pernah cukup ini? Berikut penyebabnya..

Baca juga: Pekan Ke 3 September, IHSG Ditutup Melemah! Berikut Saham yang Bisa Diperhitungkan

1. Inflasi

Adanya inflasi mampu menghantui keuanganmu, merupakan penyebab utama dari gaji Anda yang menipis. Inflasi merupakan kenaikan harga barang setiap satu periode.

Jika, gaji Anda hanya mengalami kenaikan sedikit sekali atau bahkan tetap, maka gajimu akan sedikit demi sedikit tergerus oleh inflasi. Pasalnya harga barang dan jasa akan terus naik tiap tahunnya. Akibatnya, gajimu tidak akan bisa menutupi pengeluaranmu lagi.

2. Besar pasak daripada tiang

Seperti  peribahasa besar pasak daripada tiang, yang mana pengeluaranmu tidak sebanding dengan pemasukan. Seringkali, Anda kalap ketika menerima gaji diawal bulan, sehingga ingin membelikannya ini itu.

Baca Juga  CPNS 2019 Dibuka, Kementerian Ini yang Punya Gaji & Tunjangan Tertinggi!

Untuk itu, saat awal gajian, Anda mungkin sudah membayangkan berbagai macam pengeluaran yang akan dilakukan termasuk jumlah yang mungkin ditabung.
Jika Anda tidak membiasakan diri untuk menabung di awal, maka Anda akan terus membelanjakan gaji tersebut. Pasalnya kemungkinan besar Anda akan membiarkan terus terjadinya pengeluaran karena selalu merasa uangmu masih cukup. Coba Anda tentukan jumlah uang yang mau disimpan dan langsung tabung di bank.

Baca juga: Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 2

3. Tidak pernah mencatat pengeluaran

Alasan ketiga peyebab gaji yang tidak pernah cukup mungkin Anda tidak pernah membuat budget. JIka memang setelah disimpan sejak awal gajian masih tidak cukup, berarti pengeluaranmu yang perlu lebih diatur.

Sedari awal, cobalah untuk membuat budget untuk tiap keperluan selama satu bulan. Dan, usahakn untuk mengikuti catatan pengeluaran tersebut.

4. Gajimu memang kecil

Coba sekarang pikirkan dan renungkan. Apakah posisi dan tanggung jawab yang kamu emban sekarang memang sesuai dengan gaji yang kamu terima? Jika jawabannya tidak, maka kamu bisa bernegosiasi ulang dengan atasanmu untuk memberikan gaji dengan standar yang lebih layak.

Baca Juga  Emas Masih Menjadi Investasi Primadona Bagi Perempuan

Untuk tips tambahan, Lakukan penghematan sehari-hari untuk membantu kamu menabung sehingga gaji kamu bisa cukup sepanjang bulan. Bijaklah dalam mengelola keuangan sehari-hari untuk mencapai kehidupan yang sejahtera.

Baca juga: Status Siaga Darurat! Asap Memperburuk Perekonomian Rakyat

Tinggalkan Balasan

Pekan Ke 3 September, IHSG Ditutup Melemah! Berikut Saham yang Bisa Diperhitungkan

perceived value

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Teknik Perceived Value