in

5 Anggapan yang Salah Tentang Hidup Hemat

5 anggapan yang salah tentang hidup hemat
Photo by Damir Spanic on Unsplash

Ketika orang mencoba hidup hemat, terkadang ada orang yang mencoba mencibir. Mereka mengatakan bahwa orang hemat adalah orang yang tidak memiliki daya beli. Padahal banyak orang kaya yang menerapkan sifat hidup hemat. Orang kaya tersebut memilih untuk mengalokasikan uang mereka di investasi atau hal lain yang lebih bermanfaat. Oleh karena itu pemikiran tentang hidup hemat harus diubah. Berikut adalah 5 anggapan yang salah tentang hidup hemat yang dikutip dari koinworks.com.

5 Anggapan yang Salah Tentang Hidup Hemat

  1. Berhemat Karena Terpaksa. Banyak orang yang beranggapan bahwa berhemat dilakukan oleh orang-orang karena keterpaksaan. Salah satunya adalah berhemat karena kurangnya pemasukan. Padahal, banyak orang yang berhemat karena ingin mencapai target finansial mereka. Selain itu banyak pula orang yang berhemat karena ingin kehidupan keuangan di masa depan menjadi lebih baik.
  2. Hemat Sama Dengan Pelit. Orang juga banyak yang menganggap bahwa orang yang hemat adalah orang yang pelit. Orang hemat dan orang pelit adalah dua spektrum yang berbeda. Orang hemat adalah orang yang bisa mempertimbangkan antara kualitas dan harga. Orang hemat lebih memilih untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak namun barang tersebut bisa dipakai jangka panjang. Sedangkan orang pelit hanya berfokus pada harga saja tanpa memperdulikan kualitas.
  3. Berhemat Itu Bisa Dilakukan Ketika Anda Kaya. Berhemat bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa peduli pendapatan yang anda peroleh. Hal yang paling perlu dipertimbangkan adalah berhemat harus dilakukan secara rutin dan fokus.
  4. Berhemat Membuat Anda Ketinggalan Jaman. Mengikuti mode memang tidaklah salah, akan tetapi anda harus bisa mempertimbangkan antara kualitas dan merek. Anda bisa menemukan pakaian dari branda biasa saja dengan kualitas yang sama dengan pakaian dari brand besar. Oleh karena itu, anda bisa mengecek berbagai vendor dulu berbelanja baju.
  5. Berhemat Itu Sulit. Berhemat adalah gaya hidup yang harus dibiasakan, walaupun awalnya dirasa cukup berat. Dengan melakukan penghematan anda bisa terhindar dari hutang dan lebih mudah untuk tidak stress karena masalah keuangan. Selain itu, anda bisa mengalokasikan dana yang anda hemat untuk investasi agar keuangan anda di masa depan menjadi lebih baik.
Baca Juga  Berhemat Selama Ramadhan, Panen Untung Saat Lebaran
6 tips cerdas dalam mengatur THR

6 Tips Cerdas Dalam Mengatur THR

5 tips dalam berinvestasi apartemen

5 Tips Dalam Berinvestasi Apartemen