in

5 Tips Penting Sebelum Memiliki Rumah Baru

tips membeli rumah

Memiliki rumah baru  merupakan hal yang diidamkan oleh banyak individu, apalagi seseorang yang sudah berkeluarga.

Rumah bisa dikategorikan ke dalam kebutuhan pokok manusia. Walaupun terbilang mahal, kebutuhan tempat tinggal adalah kebutuhan yang sangat mendesak.

Banyak cara untuk memiliki rumah sendiri, terlebih lagi saat ini banyak kemudahan yang diberikan oleh lembaga keuangan untuk dapat memiliki rumah sendiri.

Akan tetapi, banyak dari kita karena ingin segera memiliki rumah, tergesa-gesa dan terkadang lupa mempertimbangkan beberapa pertimbangan yang seharusnya diperhatikan dalam membeli rumah.

Sedikit berbeda dengan properti lainnya, rumah mempunyai beberapa pertimbangan yang harus kita perhatikan. Dilansir dari Kompas.com beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah baru adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui Kemampuan Keuangan

Sebelum menentukan untuk memilih rumah mana yang cocok, baik dari segi lokasi maupun dari segi harga, ada baiknya mengetahui dahulu kemampuan kita untuk membeli rumah dengan kriteria yang seperti apa.

Secara otomatis rumah berlokasi di kota dan strategis mempunyai harga beli yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang mempunyai lokasi jauh dari perkotaan.

Baca Juga  Bermimpi Menjadi Orang Kaya? Hindari 7 Hal ini!

Akan tetapi jangan khawatir, kita harus lebih jeli dalam menentukan pilihan, sebuah developer juga akan memperhitungkan lokasi yang akan mereka kembangkan untuk dijadikan perumahan.

Dengan pertimbangan beberapa tahun ke depan dan mereka pasti akan mempertimbangkan akses dari lokasi perumahan tersebut.

2. Memastikan Kemampuan Membayar

Pastikan keuangan kita, cobalah menghitung pemasukan pasti kita tiap bulan yang kemudian digabungkan dengan hasil pemasukan pasangan kita.

Jangan memasukkan pemasukan seperti bonus akhir tahun atau bonus target karena itu bukan merupakan pemasukan pasti.

Hal ini akan sangat membantu kita dalam menentukan kondisi finansial untuk memiliki rumah dalam jangka panjang.

3. Libatkan Orang yang Ahli Dalam Properti

Cobalah untuk berkonsultasi dengan kerabat atau teman yang memang bekerja di bidang properti. Tanyakan seputar harga prosedur atau bahkan prospek dari sebuah lokasi.

Biasanya orang yang memang bekerja dan memahami properti akan dengan jeli melihat sebuah peluang perumahan pada lokasi tertentu.

Suatu misal, kita akan membeli perumahan yang menurut kita berada pada lokasi strategis saat ini. Tidak ada salahnya kita mencoba berkonsultasi atau berbagi informasi dengan kerabat atau teman agar memberikan masukan.

Baca Juga  6 Cara Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

Sudah pasti seorang yang berkecimpung di bidang properti akan mempunyai banyak informasi karena belum tentu juga tempat yang saat ini strategis akan mempunyai purna beli yang baik.

Bisa saja berapa tahun ke depan lokasi itu akan menjadi lokasi yang kurang strategis karena adanya pergesaran dari tata kelola kota.

Nah, informasi seperti ini yang biasanya akan didapat oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang properti, maka dari itu manfaatkan berbagi informasi dengan mereka.

4. Memastikan Lingkungan Tempat Tinggal

Sebelum kita memilih untuk membeli rumah, ada baiknya kita melihat dulu lingkungan sekitarnya. Coba kita melakukan survei terlebih dahulu.

Pertimbangkan dari sisi aspek keamanan, kemudahan transportasi, dan kenyamanan dalam bersosialisi.

Banyak tempat tinggal yang didirikan di area yang kurang aman. Sehingga, setiap kali ditinggal dalam jangka waktu yang agak lama akan rawan sekali dengan kejadian pencurian. Maka dari itu, wasapadalah dan perhatikan hal ini dengan jeli.

5. Memastikan Developer yang Baik

Supaya kita tidak menyesal di kemudian hari karena adanya permasalahan yang berhubungan dengan penjual atau developer. Developer yang baik tentunya akan sangat mempermudah dan memberikan rasa percaya serta aman bagi pembelinya.

Baca Juga  Keuntungan Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit

Baik dari sisi mutu bangunan dan juga dari sisi legalitasnya. Hati-hati dengan developer yang hanya semusim atau musiman.

Developer musiman seperti ini akan banyak memberikan permasalahan di kemudian hari karena masalah yang berhubungan dengan legalitas atau surat-surat legal rumah yang kita beli.

Bahkan, mutu bangunan dari pengebang musiman ini kurang baik. Pilihlah developer yang sudah terpercaya. Pilihlah developer yang sudah mempunyai banyak pengalaman di bidang properti.

Rumah Adalah Investasi Jangka Panjang

Berhati-hati dan jeli dalam membeli rumah agar kita tidak banyak menemui masalah di kemudian hari.

Rumah adalah investasi jangka panjang dan merupakan tempat kita bernaung dengan keluarga.

Teliti dan tidak tergesa-gesa dengan mempertimbangkan hal-hal yang dapat merugikan kita ke depan adalah langkah awal yang bijak.

Baca juga: 5 Keuntungan Apartemen dibandingkan Rumah

Tinggalkan Balasan

5 Keuntungan Melakukan Kredit Modal Usaha di Bank

FXTM Merekrut Penyiar Keuangan Han Tan ke Tim Riset Pasarnya