in

Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai? Lakukan 5 Hal Ini!

(Foto: Pexels)

Berbagai bank yang menghadirkan program kartu kredit tentu saja sudah memiliki sistem pengamanan yang maksimal. Tapi, kemungkinan kartu kredit Anda dibobol, dicuri datanya dan digunakan untuk membayar transaksi orang yang tidak bertanggung jawab pun masih ada. Sehingga harus tetap berhati-hati.

Lalu, bagaimana kalau sudah kejadian dan tagihan kartu kredit tidak sesuai? Tentu saja Anda tidak akan mau membayar tagihan yang tidak Anda lakukan. Untuk itu jika menemukan ketidaksesuaian pada tagihan, ini 5 hal yang bisa Anda lakukan!

1. Segera laporkan ke bank

Tentu saja hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah langsung melaporkannya ke bank kartu kredit Anda. Langkah pertama, coba mengajukan pemblokiran terhadap kartu kredit agar Anda tidak mengalami kerugian lebih besar. jika kartu kredit masih digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Tapi bank juga membutuhkan beberapa waktu untuk menyelidiki kesalahan pada tagihan kartu kredit tersebut, karena menggunakan sistem dan prosedur yang sudah ada. Biasanya, tagihan yang disangkal itu tak akan didebet ke rekening Anda hingga masalah benar-benar terselesaikan.

Baca Juga  Berniat Menutup Kartu Kredit? Perhatikan Hal-hal Berikut! (Part 2)

2. Ikuti semua prosedur yang ada

Biasanya setelah melaporkan bank sudah memiliki prosedurnya masing-masing untuk menangani kasus ketidaksesuaian tagihan tersebut. Anda sebaiknya mengikuti semua prosedur yang ada jika ingin permasalahan cepat selesai.

Jika memang bank membutuhkan bukti, seperti kartu kredit dan tagihan, siapkan sesegera mungkin. Setiap bank memiliki tim investigasi yang akan membantuk menyelesaikan permasalahan.

3. Anda juga bisa melaporkan pada pihak yang berwenang

Jika memang kesalahan tagihan ada indikasi pembobolan kartu kredit, Anda bisa melaporkan permasalahan tersebut ke pihak yang berwenang. Laporkan pada pihak kepolisian, apalagi jika memang tagihan memiliki jumlah yang besar.

Pembobolan kartu kredit merupakan tindakan melawan hukum. Siapapun pelakunya bisa dikenakan pasal 362 KUHP. Tapi pastikan Anda memiliki bukti yang kuat untuk mendukung pelaporan Anda.

Klik di sini untuk mengetahui cara melakukan pengaduan kepada pihak kepolisian.

4. Laporkan ke lembaga yang ada melalui pengaduan tertulis

Selain melapor ke pihak kepolisian, Anda juga bisa melapor ke lembaga-lembaga terkait kartu kredit. Laporan ini bisa dilakukan dengan menggunakan pengaduan tertulis.

Baca Juga  Kebiasaan ‘Pembawa Sial’ Bagi Keuangan Para Milenial (Part 2)

Buat laporan tertulis dengan rapi dan formal. Lalu tujukan pada bank kartu kredit Anda dan ditembuskan pada lembaga yang terkait, seperti Lembaga Mediasi Perbankan di Bank Indonesia, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

Baca juga: 4 Pertimbangan Saat Membuat Kartu Kredit Tambahan

5. Rencanakan pertemuan

Jika memang laporan tertulis tidak ditanggapi, Anda bisa merencakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait. Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen juga bisa menjadi pilihan untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan kartu kredit tersebut.

Tinggalkan Balasan

H-7 Ramadhan, ini Harga Komuditas Makanan yang Terbaru

kerugian bisnis franchise

Belajar Bisnis Waralaba (Part 1)