in

Belanja Online dengan Kartu Kredit? ini Tips Amannya

Belanja aman dengan kartu kredit

Mudahnya belanja di e-commerce semakin nyaman dengan menggunakan kartu kredit. Sayangnya, kemudahan ini dinodai oleh banyaknya kasus penipuan yang merugikan.

Beberapa kasus kejahatan ini kadangkala muncul dalam bentuk tagihan kartu kredit yang besar, padahal kartu kredit tersebut tidak  sedang digunakan. Namun, jangan khawatir! Berikut ini adalah tips aman menggunakan kartu kredit saat berbelanja online.

1. Jangan ungkap informasi keuangan pribadi melalui telepon atau email

Ketika belanja secara online, setidaknya ada empat data yang akan diminta dari kamu: nomor kartu kredit, kode keamanan kartu, tanggal kedaluwarsa kartu, dan alamat pengiriman.

Jadi, jika kamu mendapat permintaan melalui telepon atau email selain empat data tersebut, sudah sepatutnya tidak perlu menjawab dan memberikan data yang diminta.

Perlu diketahui bahwa perusahaan tidak akan meminta informasi seperti itu melalui telepon atau email.

2. Teliti saat menggunakan kartu kredit

Telitilah penggunaan kartu kredit dengan memeriksa tagihan kartu kredit dan tanda terima belanja. Hal ini dapat membuatmu segera bertindak saat terjadi kejahatan kartu kredit. Jika menemukan ketidaksesuaian, segera hubungi perusahaan kartu kredit kamu. Mengetahui kejahatan lebih awal, jauh lebih baik daripada setelahnya, sebelum angka kerugian menjadi semakin besar.

Baca Juga  6 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Baru (Part 2)

 

Baca juga: Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai? Lakukan 5 Hal Ini!

 

3. Cari tahu info tentang penjual

Ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pembeli,entah belanja online dengan menggunakan sistem transfer atau kartu kredit. Hal ini memang penting karena penjual yang kredibel akan terlihat dari testimoni atau rate yang diberikan pelanggan lain.

Untuk itu, perhatikan komplain yang masuk, adakah aduan soal kartu kredit atau bagaimana penjual merespon calon pembeli. Jika kamu malah tidak menemukan apa pun tentang penjual, sebaiknya urungkan niat untuk berbelanja.

Jangan mudah tergiur dengan promo jika informasi tentang penjual tidak diketahui. Pilih promo aman dan menguntungkan dari penjual terpercaya.

 

4. Cukup gunakan satu kartu kredit

Saat menggunakan kartu kredit untuk belanja online, sebaiknya cukup gunakan satu kartu kredit. Tujuannya adalah agar kamu bisa lebih mudah melakukan pelacakan apabila terjadi pencurian atau kejahatan kartu kredit.

 

5. Manfaatkan fitur alert dari perusahaan kartu kredit

Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan informasi mengenai aktivitas yang tidak biasa, yang berlaku pada kartu kredit kamu, langsung ke ponsel atau email sehingga bila ada sesuatu yang mencurigakan, kamu bisa langsung melakukan penindakan lebih lanjut.

Baca Juga  Hindari Utang Kartu Kredit Pada 4 Hal Ini!

 

6. Jangan membayar tagihan online di area publik

Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan aman, dan tidak bisa diakali oleh pelaku-pelaku kejahatan kartu kredit. Tetapi jika tidak, sebaiknya tahan dulu dan pilihlah tempat lain yang sekiranya lebih aman.

 

7. Lengkapi komputer dengan antivirus

Lengkapi komputermu dengan antivirus. Semua dilakukan semata-mata untuk berjaga-jaga, melindungi identitas kamu dari hacker atau keylogger sehingga identitas kartu kredit yang terlanjur kamu masukkan melalui jaringan bisa tetap terlindungi.

Nah, sudah tahu kan rahasia belanja online pakai kartu kredit secara aman? Selamat berbelanja

Tinggalkan Balasan

mengatur keuangan olahraga

Fitness Mania, Simak Tips Jitu Mengoptimalkan Keuangan Olahraga Anda!

Bisnis Joki Game Online

Bisnis Joki Game Online? Simak Dulu Tips-Tips Berikut