in

Awas! Berikut Kebiasaan Sepele yang Dapat Menguras Keuangan Anda!

tips mengelola gaji sampingan

Pernahkah anda merasakan uang gaji anda habis sebelum akhir bulan? Padahal anda tak merasa memiliki tanggungan ansuran dan hanya mencukupi kebutuhan umum? Jika iya, nampaknya anda harus mengecek kembali pengeluaran anda. Khususnya kebiasaan-kebiasaan anda, yang tanpa anda sadari telah ikut menguras keuangan anda. Oleh karena itu, simak beberapa kebiasaan-kebiasaan sepele, yang dapat menguras keuangan anda berikut ini;

 

1. Konsumtif Kuota Internet

Poin pertama ini mungkin tanpa anda sadari sangat berperan dalam menguras keuangan anda. Ya, kuota internet. Di era seperti sekarang ini kebutuhan akan kuota internet tentunya sudah menjadi kebutuhan yang primer, terlebih bagi para generasi milenial yang tak pernah lepas dari sosial mediadan kegiatan online.

Mungkin anda menganggap ini hal sepele, namun jika anda terlalu berlebihan membeli kuota internet maka jangan kaget jika uang anda akan lebih mudah habis secara misterius. Upayakan untuk bijak dalam menggunakan kuota internet anda, kecuali memang sangat diperlukan seperti untuk tuntutan pekerjaan. Upayakan agar dalam sebulan, anda membeli kuota internet tak lebih dari satu kali. Cara lain ialah dengan menggunakan layanan wifi gratis semaksimal mungkin, walaupun anda masih memilki kuota internet. Simpel bukan?

Baca Juga  5 Aplikasi Konferensi Video untuk Work From Home

 

2. Membeli Barang yang Tak Perlu

Diskon dan banting harga, dua hal inilah yang umumnya berhasil menghipnotis anda untuk membeli barang yang tak begitu anda butuhkan. ”ah mumpung diskon”, “kan bisa digunakan sewaktu-waktu”, ya mungkin beberapa alasan klasik tersebut masih mendominasi fikiran kita sehingga andapun tergiur untuk membeli barang-barang tersebut.

Sadarkah anda jika mindset seperti itulah yang secara tak langsung membentuk karakter konsumtif anda. Fikirkan matang-matang sebelum anda membeli barang-barang baru. Jika memang belum dibutuhkan, lalu untuk apa anda membeli barang tersebut? Fikirkan kebutuhan-kebutuhan tak terduga serta kebutuhan jangka panjang anda dimasa depan. Mulai bentuk mindset anda  dengan membuat self-reminder, jika uang anda harus diinvestasikan untuk masa depan anda yang lebih baik.

Baca juga : Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

 

3. Update Gadged

Poin ketiga ini juga terdengar sepele, namun akan sangat berimbas pada keuangan anda yang cepat habis secara misterius. Hanya karena alasan mengikuti trend dan gengsi, tak jarang seseorang harus merogoh kocek untuk membeli gadged seperti smartphone baru. Ataupun mengupgrade gadged lainnya. Padahal tak ada masalah dengan gadged lama anda, serta gadget tersebut masih dapat digunakan.

Baca Juga  Ingin Jadi Orang Sukses? Coba Terapkan Gaya Hidup Ini!

Hal tersebut mungkin sah-sah saja dilakukan, namun anda harus tetap bijak dalam mengatur keuangan anda. Fikirkan dengan cermat apakah memang benar-benar perlukah? Tuntutan pekerjaan kah? Atau sekedar mengikuti trend? Sekali lagi, prioritaskan kebutuhan anda yang lebih primer.

 

4. Tak Buat Rencana Keuangan

Terdengar ribet memang ketika kita harus menghitung berapa uang yang kita dapat dan yang telah kita belanjakan. Namun tahukah anda dengan anda membuat rencana keuangan, anda akan lebih mudah mengatur berapa pengeluaran anda. Rencana anggaran harus dipersiapkan sebelum anda mendapat gaji setiap bulannya, Anda harus cermat dalam memilah mana keperluan-keperluan yang wajib di bayar dan mana keperluan yang tidak wajib.

Baca juga : Dampak Negatif Peredaran Uang Palsu Bagi Perekonomian

Itulah beberapa hal-hal sepele yang mungkin tanpa anda sadari, sangat berpengaruh pada keuangan anda. Semoga dapat menjadi acuan anda dalam mengatur keuangan anda, agar keuangan anda lebih optimal dan tentunya uang anda tak terkuras sia-sia.

Tinggalkan Balasan

6 Jenis Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Gaji Pas-Pasan

dominasi mata uang dolar AS

Dolar AS Mendominasi Perdagangan Global. Bagaimana Sejarahnya?