in

Beberapa Kesalahan Wanita dalam Mengatur Keuangannya

kesalahan

Kesan boros memang selalu lekat dan identik dengan sosok wanita. Mulai dari belanja, makeup, keperluan harian bahkan kecantikan, wanita biasanya tidak segan untuk menggelontorkan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Wanita juga kerap terobsesi dengan banyak hal, sehingga keuanganpun tak jarang cepat menipis. Oleh karena itu sebagai wanita harus dapat mengelola keuangan dengan baik, karena akan sangat berpengaruh dimasa mendatang. Tapi tahukan anda berbagai kesalahan yang sering dilakukan wanita dalam mengatur keuangan? Berikut ulasan PikiranTrader untuk anda;

1. Tak Memprioritaskan Kebutuhan

Jika berhubungan dengan belanja, wanitalah yang akan sangat responsif dalam menanggapinya. Oleh karena itu wanita lebih sering ‘latah’ dalam membelanjakan uangnya. Latah dalam memenuhi keinginan inilah yang akan sangat mengganggu keuangan anda. Padahal, masih banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, sementara keuangan sudah menipis. Agar keuangan tidak terganggu, prioritaskanlah segala kebutuhan terlebih dahulu. Sisanya dapat ditabung, investasikan, atau belikan berbagai keperluan lainnya.

2. Tak Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran sangatlah penting terkhusus dalam semua aspek yang berhubungan dengan uang. Tanpa mencatat pengeluaran, anda tidak akan tahu ke mana saja uang kamu telah dialokasikan. Tanpa adanya catatan pengeluaran yang jelas, andapun tidak akan tahu untuk keperluan apa saja uang tersebut telah digunakan. Sebaliknya, jika anda mencatat segala pengeluaran, anda akan dapat mengatur apa saja yang perlu diutamakan dalam pengeluaran sehari-hari. Sehingga kondisi finansial anda akan tetap sehat dan terkontrol dengan baik.

Baca Juga  Pertimbangan Penting Sebelum Anda Resign Dari Pekerjaan

Baca juga : Tips Mengelola Uang Bagi Wanita Single

 

3. Tak Menabung

Menabung merupakan poin yang wajib dilakukan untuk mengamankan keuangan tak hanya bagi pria, namun juga bagi wanita. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan dan tak dibelanjakan, tentunya akan sangat berguna untuk keperluan dimasa mendatang. Jika wanita tak memiliki tabungannya sendiri, maka jangan heran jika suatu saat akan ‘keteteran’ dalam memenuhi kebutuhannya.

4. Tak Menyediakan Simpanan Cadangan

Simpanan cadangan sangatlah penting dimiliki wanita, agar keuangan tak berantakan. Hal ini dikarenakan simpanan cadangan ini nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan tak terduga. Misalnya saja ketika ketika kendaraan rusak, maka dengan simpanan cadangan anda tak perlu khawatir. Dan yang terpenting andapun tak perlu menggunakan uang tabungan atau uang untuk kebutuhan primer anda. karena kasus yang sering terjadi ialah ketika ada keperluan mendadak sedangkan tak memiliki simpanan cadangan, sehingga harus menggunakan uang untuk kebutuhan yang primer.

5. Tak Menyiapkan Investasi

Jika menabung adalah opsi mempersiapkan keuangan di hari nanti, berinvestasi bisa menjadi alternatif yang lebih baik lagi. Ketika anda menabung, uang yang kamu simpan bersifat pasif, artinya hanya diam menganggur begitu saja. Namun, ketika anda berinvestasi, anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. Diera seperti sekarang ini kebutuhan investasi tak hanya untuk kaum Adam saja, melainkan juga bagi kaum Hawa. Sebagai wanita pilihan investasipun tentunya beragam. Anda dapat memilih investasi yang sekaligus dapat menunjang penampilan anda sebagai wanita. Investasi emas dan perhiasan misalnya, dimana sudah jelas prospek untuk kedepannya.

Baca Juga  5 Tips Agar Uang Gaji Tidak Cepat Habis

Baca juga : Cara Jitu Mewujudkan Tujuan Finansial Anda

Itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh wanita dalam mengelola keuangannya. Sebagai wanita tentunya wajib mengetahui dan memahami beragam kesalahan di atas. Tentunya agar semakin cerdas mengatur keuangan pribadi maupun keuangan keluarga.

Tinggalkan Balasan

IHSG menguat

BEI: Bursa Libur Selama Lebaran

TradingFX dan perjudian berbeda pada Pemikiran kritis dan kesiapsiagaan

TradingFX dan Judi Sama. Benarkah?