in

3 Hal Sepele Perusak Finansial Anak Muda

keuaangan milenial

Usia muda merupakan usia produktif dan potensial untuk mulai mengatur finansialnya. Pergaulan anak muda dijaman sekarang pun seringkali membuat finansial para anak muda ‘rusak’, padahal dikarenakan hal yang sepele. Lalu hal sepele apakah yang dimaksud tersebut? Berikut PikiranTrader akan menjelaskan 3 hal sepele yang dapat merusak finansial anak muda.

1. Membeli Hal yang Tak Dibutuhkan

Gaya hidup yang serba boros, ditambah dengan persaingan dalam pergaulan seringkali membuat anak muda konsumtif dalam mengalokasikan keuangannya. Ambil contoh ketika seseorang sudah memiliki motor dan kawan-kawannya memiliki mobil, akhirnya  karena gengsi iapun akhirnya membeli mobil. Alhasil harus mengeluarkan uang untuk membeli mobil tersebut, belum lagi biaya perawatan mobil, biaya service, pajak kendaraan dan yang lainnya. Padahal jelas ia tak membutuhkan mobil tersebut. Inilah kesalah finansial anak muda yang wajib anda hindari.

Sebelum memiliki kendaraan sendiri, pastikan anda benar-benar mampu menjangkau harganya. Pastikan juga bahwa kendaraan tersebut benar-benar anda butuhkan dan bisa mengakomodasi perjalanan anda. Pikirkan juga soal biaya-biaya lain yang mungkin akan timbul jika anda memiliki kendaraan sendiri, seperti biaya perbaikan dan bensin.

Baca Juga  Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah! (Part 2)

Baca juga : Beberapa Kesalahan Wanita dalam Mengatur Keuangannya

 

2. Terjebak Dalam Hutang

Persaingan dalam pergaula anak muda sering kali berimbas negatif pada kondisi finansialnya. Banyak anak muda rela mengeluarkan uang demi hal-hal yang sebenarnya tidak bisa mereka miliki. Salah satu jalan pintas yag sering kali dipilih ialah berhutang. Hanya dengan iming-iming lagi cicilan 0% semakin membuat orang banyak tertarik untuk berhutang. Di balik itu semua, ada ancaman menakutkan yang mampu memengaruhi kondisi finansial seseorang, yakni terjebak dalam lingkaran utang, tanpa tahu bagaimana cara menutupnya. Inilah kesalahan finansial anak muda yang wajib dihindari.

 

3. Tidak mempersiapkan untuk Dana Pensiun

Banyak anak muda yang belum mengerti bagaimana kondisi pensiun. Hal itupun memang wajar, karena tentunya saat ini mereka belum mengalaminya secara langsung. Saat usia sudah tak lagi produktif, setiap pekerja atau pegawai tentunya akan memasuki masa pension. Itu artinya, anda pun tidak lagi bisa memperoleh penghasilan sendiri. Lantas, bagaimana Anda bisa menikmati masa-masa usia lanjut tanpa adanya pemasukan?

Baca Juga  Quotes Motivasi yang Dapat Menambah Semangat Sukses Anda

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan Dana Pensiun sejak dini, di kala usia Anda masih produktif. Lalu bagaimana caranya? Carilah penghasilan tambahan, investasikan, manfaatkan pula efek compounding guna memperbesar peluang untuk meningkatkan nilai yang yang dimiliki di masa depan.

Baca juga : Ingin Bisnis Tanaman Hias? Berikut Tipsnya

Itulah 3 kesalahan finansial anak muda yang wajib dihindari. Jangan sampai terjebak pada pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting, ya! Lebih baik melipat gandakan uang yang yang anda miliki dengan menabung ataupun berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Teknik Pemasaran Soft Selling, Simak Tipsnya!

Perang dagang AS dan China

Panasnya Imbas Perang Dagang AS dengan China