in

6 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Baru

mobil baru

Seperti yang kita tahu bahwa alat transportasi seperti mobil, sudah menjadi kebutuhan bagi sebagin orang. Mobil banyak dipilih karena tentunya karena evisiensinya juga karena faktor kenyamanan, apalagi untuk menempuh jarak jauh. Namun membeli mobil, tergolong dalam pengeluaran besar didalam keluarga. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil baru, tak ada salahnya jika anda mempertimbangkan hal-hal berikut;

 

1. Tentukan Harga Mobil yang Mampu Dibeli

Harga mobil sangatlah bervariasi sesuai dengan spesifikasi merk satu dengan yang lainnya. Semakin canggih fitur-fitur dan keunggulan yang ditawarkan, secara otomatis harga yang ditawarkan juga akan semakin mahal. Oleh karena itu, jangan membeli mobil di luar batas kemampuan anda. Pilihlah mobil yang memang sesuai dengan budged dan keperluan anda. Jangan memaksakan diri hanya karena gengsi sehingga anda membeli mobil dengan harga yang tinggi, sedangkan keuangan anda masih tergolong pas-pasan.

2. Pilih Baru atau Bekas?

Ketika anda akan membel mobil, anda akan dihadapkan oleh dua pilihan. Apakah anda hendak membeli mobil baru, atau mobil bekas? Maka kembali lagi, sesuaikan dengan budged yang anda miliki. Jika anda memilih mobil baru, tentunya anda harus mengeluarkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit, dikarenakan mobil tersebut tentunya masih dalam kondisi yang sangat baik.

Baca Juga  Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!

Dalam anda membeli mobil pun tak selamanya harus baru. Rental dan showroom mobil bekas kini juga sudah sangat mudah untuk ditemukan. Jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, andapun dituntut untuk pintar-pintar memilih mobil bekas. Setidaknya anda mengerti tentang permesinan mobil, sehingga anda tak mendapatkan mobil yang kondisinya buruk.

Baca juga : Kredit Mobil Lewat Bank atau Leasing? Fahami Dulu Hal-Hal Berikut.

Selain itu jika anda berencana untuk membelinya dengan sistm kredit atau cicilan, pastikan bahwa jumlah uang yang anda cicil setiap bulannya tidak lebih dari 30% dari total pendapatan yang dimiliki. Hal ini penting untuk diperhatikan untuk menjaga kesehatan keuangan keluarga.

 

3. Berapa Cicilan yang Mampu Anda Bayar?

Membeli mobil dengan fasilitas cicilan memang sangat memudahkan anda untuk mendapatkan mobil idaman dalam waktu singkat. Hanya saja, jangan jadikan kemudahan yang ditawarkan membuat anda lengah dan tidak memperhitungkan kemampuan dalam membayar cicilan. Seperti yang telah disampaikan dipoin ke-2, usahakan untuk jumlah maksimal cicilan saat membeli mobil adalah 30% dari total pendapatan anda.

Baca Juga  Terhalang Kuliah Karena Biaya Pendidikan? Yuk Intip Tips Berikut Ini

Mengapa harus berpatokan pada 30%? Sebab dalam anggaran yang ideal, 50% pendapatan anda akan digunakan untuk membiayai pengeluaran sehari-hari. Sedangkan 20% untuk menabung dan berinvestasi. Misalnya saja anda memiliki pendapatan bulanan Rp5 Juta, jadi maksimal cicilan yang harus diambil adalah Rp1,5 juta saja.

Baca juga : 4 Tanda Bahwa Anda Belum Siap Memiliki Rumah Baru

Tinggalkan Balasan

Kesalahan forex trading Kurang tanggung jawab

Hindari Waktu ini Agar Tidak “Sial” dalam TradingFX

Giant Ditutup

Fakta Dibalik Tutupnya Ritel Giant