in

Kecanduan Akut Berbelanja Online? Berikut Solusi Jitunya!

kecanduan berbelanja

Diera yang serba online seperti saat ini tentunya juga semakin marak situs-situs jual beli online. Hal inipun membuat banyak orang semakin mudah mengeluarkan uang untuk berbelanja secara online. Pada dasarnya berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan tersebut tidak masalah untuk digunakan, jika anda mengerti bagaimana batas wajar anda dalam berbelanja. Yang menjadi masalah ialah, apabila kegiatan berbelanja anda telah bersifat implusif dan anda telah kecanduan hingga mengakibatkan keuangan anda berantakan. Lalu bagaimana cara jitu mengobati ‘penyakit’ konsumtif ini? Simak ulasan PikiranTrader berkut;

1. Hapus Aplikasi Belanja Online dari Smartphone Anda

Salah satu alat yang sering kali memudahkan anda dalam bertransaksi ketika belanja online ialah smartphone. Untuk menghindari anda membuka berbagai aplikasi belanja online, maka segeralah hapus aplikasi tersebut dari dalam perangkat anda. Poin pertama ini merupakan cara terampuh untuk mencegah anda belanja online secara impulsive.

2. Blokir Segala Akses Situs Belanja Online

Blokir segala akses menuju situs-situs belanja online kesayangan anda. Anda dapat melakukan pemblokiran online melalui browser ataupun menggunakan software tambahan untuk memblokirnya secara otomatis. Pastikan juga untuk selalu membersihkan cookie dan cache pada browser secara teratur. Hal ini pun akan sangat bermanfaat untuk mencegah anda untuk mendapatkan iklan dari situs belanja online yang sedang mempromosikan produk atau layanan mereka.

Baca Juga  Yuk Intip Hobi 4 Miliarder Ini! Ternyata tak Sebanding dengan Hartanya Lho!

Baca juga : 4 Cara Sederhana Menghemat Keuangan Bagi Anda Usia 20-an

 

3. Stop Berlanggangan Email Promosi

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang selanjutnya ialah dengan berhenti berlangganan email newsletter. Email promosi yang dikirimkan pihak e-commerce secara rutin semakin membuat anda tertarik untuk mengikutinya dan berbelanja berbagai barang yang tidak diperlukan. Jangan menandai email tersebut sebagai spam atau membuangnya ke sampah, karena hal ini tidak akan menghentikan anda untuk membukany kembali suatu saat. Oleh karna itu solusi paling tepat adalah berhenti berlangganan dari setiap email promosi yang Anda terima.

4. Mintalah Suport Orang Terdekat

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang terakhir untuk mengobati penyakit kecanduan berbelanja online anda. Yaitu dengan meminta bantuan support orang terdekat anda. Belanja online secara berlebihan sama seperti kecanduan lain yang diderita oleh banyak orang. Oleh karena itu agar bisa lepas dari jeratan kebiasaan buruk ini, anda pun membutuhkan lingkungan yang mendukung guna menjaga anda untuk berkomitmen untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut.

Baca Juga  Ingin Jadi Orang Sukses? Coba Terapkan Gaya Hidup Ini!

Baca juga : 6 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Baru (Part 2)

Itulah beberapa cara jitu untuk anda para pecandu akut belanja online. Semoga dapat membantu anda untuk terlepas dari perlaku konsumtif, yang tentunya sangat berbahaya untuk finansial anda.

 

Tinggalkan Balasan

Giant Ditutup

Fakta Dibalik Tutupnya Ritel Giant

smartphone baru

Hendak Beli Smartphone Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut!