in

Hendak Beli Smartphone Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut!

smartphone baru

Diera seperti sekarang ini, smartphone seakan sudah menjadi kebutuhan yang pokok. Kebutuhan akan informasi maupun kegiatan komunikasi menjadi alasan utama untuk memiliki jenis gadget ini. Namun tak jarang karena gengsi seseorang harus “kalap” untuk menguras kantong, demi memiliki smartphone. Alhasil keuangan malah menjadi berantakan karena hal sepele tersebut. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli smartphone baru, akan lebih bijak jika anda menyimak beberapa pertimbangan berikut ini.

1. Sebutuh Apakah Anda dengan Smartphone Baru?

Poin pertama yang menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru ialah, sebutuh apakah anda dengan smartphone baru?  Apakah memang benar-benar butuh misalkan untuk menunjang pekerjaan anda, atau hanya sekedar menuruti gengsi?

Pertimbangkan dengan bijak hal ini sebelum anda memutuskan untuk membeli gadged tersebut. Mengapa demikian? Memang tak ada salahnya jika anda membeli smartphone baru, namun ketika smartphone lama anda masih sangat layak dan berfungsi untuk anda gunakan, lalu mengapa anda harus mengeluarkan uang untuk itu? Akan lebih baik apabila anda menabung atau menginvestasikan uang anda unntuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih penting. Seperti kebutuhan tak terduga anda, atau mempersiapkan dana pensiun anda. Akan lebih bermanfaat bukan?

Baca Juga  4 Faktor Penentu Harga Berlian

2. Fitur Apa yang Anda Butuhkan?

Poin selanjutnya ialah fikirkan kembali tentang fitur apakah yang anda butuhkan sehingga anda benar-benar ingin membeli smartphone baru tersebut. Apakah sebatas mengupgrade spesifikasi smartphone lama anda? Atau memang anda benar-benar memerlukan fitur yang hanya ada di smartphone baru tersebut? Hal ini pun juga dapat menjadi pertimbangan penting anda, sebelum membeli smartphone baru.

Baca juga : Yuk Berhemat dengan Hapus Aplikasi di Smartphone!

3. Mampukah Anda Membeli Smartphone Tersebut?

Dalam hal ini tentunya mengacu pada kondisi keuangan anda. Pikirkan dengan matang kondisi dompet anda, sebelum anda membelinya. Karena kesalahan umum yang sering kali dilakukan seseorang ialah, tak mengukur kondisi keuangan pasca membeli gadget tersebut.

Gunakan uang yang memang telah anda siapkan dan jangan memaksakan diri apabila anda belum mampu untuk meminang smartphone impian anda. Akan lebih baik apabila anda bersabar dan menabung terlebih dahulu, jika kondisi keuangan anda masih tergolong minim. Jangan sampai keuangan anda terganggu hanya karena anda memaksakan diri untuk memiliki smartphone baru tersebut.

Baca Juga  Punya Gaji di Bawah Upah Minimum, Ini Tiga Solusinya

4. Pertimbangkan Smartphone Keluaran Lama

Banyak orang yang membeli smartphone keluaran terbaru dengan tujuan untuk mendapatkan performa yang baik. Padahal smartphone keluaran tahun yang lebih lama bukan berarti lemah dalam bidang performa. Tidak ada salahnya untuk membeli unit smartphone yang keluar pada 1-2 tahun yang lalu untuk digunakan.

Kembali lagi, tentukan fitur apa yang anda butuhkan sehingga anda memutuskan utuk membeli benda tersebut. Dengan memilih smartphone keluaran lama, tentunya anda dapat sedikit menekan pengeluaran. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan keluaran baru. Jika dengan fitur yang sama dan dengan harga yang jauh lebih murah, lalu mengapa anda harus memilih harga yang jauh lebih mahal? Betul?

Baca juga : Kecanduan Akut Berbelanja Online? Berikut Solusi Jitunya!

Itulah beberapa pertimbangan penting yang layak untuk anda fikirkan kembali, sebelum memutuskan untuk membeli smartphone baru. Semoga dapat membantu, sehingga anda dapat mengalokasian keuangan anda  dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

kecanduan berbelanja

Kecanduan Akut Berbelanja Online? Berikut Solusi Jitunya!

Perbedaan trader sukses dan gagal

Trader Sukses vs Trader Gagal, apa Perbedaannya?