in

Ini Manfaat Memberikan Uang Jajan Bulanan untuk Anak

uang jajan bulanan

Seperti yang telah kita ketahui, sebagian besar orang tua lebih suka untuk memberikan uang jajan harian kepada anak-anak mereka. Para orangtua pun enggan memberikan uang jajan bulanan dikarenakan mereka belum merasa yakin dengan kemampuan anak untuk mengelola uang. Padahal jika anda membiasakan anak dengan uang jajan bulanan, ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan pada diri anak. Berikut ulasan PikiranTrader tentang manfaat memberikan uang jajan bulanan untuk anak;

1. Melatih Tanggung Jawab

Ketika anda memberika uang jajan bulanan kepada anak, secara tidak angsung anda juga telah melatih tanggung jawab mereka. Ketika anak menggunakan uang bulanan secara boros, maka konsekuensinya tentu anak tak memiliki uang untuk hari berikutnya. Dan Jika mereka berhemat dan tidak berlebihan saat menggunakan uangnya, maka mereka pun bisa menabung sebagian uang jajan yang nantinya bisa bermanfaat untuk membeli barang yang diinginkan.

2. Mengajarkan Konsep Anggaran Sejak Dini

Anggaran keuangan merupakan salah satu faktor yang menentukan seseorang mampu atau tidak mencapai tujuan keuangan di masa depan. Memberikan uang jajan bulanan merupakan salah satu langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak konsep penganggaran sejak dini. Dengan adanya anggaran bulanan yang diberikan, anak akan belajar untuk menyesuaikan pembelian yang akan mereka lakukan. Mereka akan belajar jika menghabiskan uang di hari pertama, maka mereka tidak akan memiliki uang untuk satu bulan ke depan. Dengan begitulah anak akan belajar bagamana bertanggung jawab untuk mengalokasikan uang jajannya.

Baca Juga  Milenial, Wajib Dengarkan 4 Nasihat Keuangan Berikut!

Baca juga : Pentingnya Pengetahuan Finansial untuk Anak, Berikut Cara Mengajarkannya

3. Melatih Memanagement Keuangan Secara Mandiri

Sesuai dengan karakteristik anak, dimana mereka pasti akan dengan mudah tergoda untuk membeli mainan baru, jajan dan lain sebagainya. Dengan pemberian uang jajan bulanan, maka anak-anak akan jauh lebih selektif saat akan melakukan pembelian. Jika anda tidak melatih mereka sejak dini, maka kebiasaan memboroskan uang inipun akan senantiasa mereka lakukan sampai ia dewasa. Oleh karena itu dengan memberikan uang jajan bulanan kepada anak, akan melatih anak untuk melatih untuk memanagement keuangan secara mandiri.

4. Mengajarkan Untuk Berhemat  & Menabung

Anda juga bisa dengan mudah mengajarkan anak-anak tentang konsep menabung untuk masa depan. Ajarkan kepada mereka bahwa menabung atau menyisihkan sebagai uang dapat membantu mereka mencapai tujuan keuangan di masa depan. Tanamkan kepada anak anda bahwa dengan menabung, mereka bisa menggunakan uang yang disimpan untuk membeli keperluan mereka. Seperti membeli mainan baru, membeli barang yang meraka inginkan dan lain sebagainya. Ajarkan kepada mereka untuk belajar menunda kesenangan dan membiasakan menabung sejak dini dari uang jajan yang diberikan.

Baca Juga  5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam ke Bank

Baca juga : Kiat Sederhana Menghemat Pengeluaran Keluarga

Itulah beberapa manfaat memberikan uang jajan bulanan kepada anak. Jangan ragu untuk melatih anak anda mengatur keuangan pribadinya sejak usia dini. Karena hal ini akan menjadi kebiasaan yang akan sangat bermanfaat untuk mereka dimasa yang akan datang. Semoga membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Profesi generasi milenial

4 Profesi Favorit Generasi Milenial

Mitos Bursa Efek

Berbagai Mitos Bursa Efek yang Tidak Perlu Anda Percaya