in

Lakukan Hal Produktif Ini Saat Anda Memasuki Masa Pensiun

pensiun produktif

Pensiun merupakan saat yang tepat untuk anda menghabiskan waktu, untuk menikmati hasil jerih payah anda dimasa muda. Namun apakah saat pensiun nanti anda hanya akan berdiam diri dirumah, tanpa melakukan apapun? Tentunya akan sangat membosankan bukan? Oleh karena itu berkut PikiranTrader akan menjelaskan beberapa hal produktif yang dapat anda lakukan saat anda memasuki masa pensiun.

1. Mencoba Hobi Baru

Saat pensiun tentunya anda akan memiliki waktu luang lebih untuk bersantai, maka tak salah jika anda mencoba hobi baru yang mungki belum sempat anda realisasikan saat masih muda. Asah kembali bakat terpendam anda lewat hobi baru, yang selama ini terpendam karena kesibukan pekerjaan anda. Misalkan saja anda mencoba untuk belajar melukis, tentunya anda dapat dengan leluasa menekuni hobi baru ini. Dengan aktif berkarya, anda dapat mengikuti pameran-pameran lukis, ataupun mempromosikan lukisan anda. Dengan demikian waktu pensiun anda akan semakin produktif bukan?

2. Menjadi Freelancer

Ketika anda tak lagi bekerja dikantor ataupun perusahaan anda karena telah pensiun, andapun sebenarnya masih bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho! Salah satunya dengan cara menjadi seorang freelancer. Anda dapat menghabiskan waktu pensiun anda dengan menyalurkan bakat anda seperti contohnya bakat menulis ataupun fotografi. Dengan menjadi penulis lepas, ataupun seorang fotografer anda dapat menikmati masa pensiun anda dengan menyenangkan. Anda cukup bekerjasama dengan agen-agen penerima jasa anda. Tanpa anda harus keluar rumah pun anda dapat mengirimkan hasil karya anda secara online.

Baca Juga  Bunda, Sampaikan 4 Pengetahuan Dasar Keuangan ini kepada Buah Hati!

Baca juga : Lakukan Hal Sederhana Ini Untuk Masa Pensiun Yang Nyaman

3. Membangun Usaha

Usia senja bukan menjadi alasan untuk anda tidak produktif, khususnya untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Masa pensiun menjadi waktu yang tepat untuk anda membangun usaha. Oleh karena itu jangan ragu untuk membangun usaha ketika anda pensiun. Anda dapat mencoba beberapa opsi peluang bisnis, yang tak banyak menguras tenaga. Seperti membuka kedai kopi, membuka restoran ataupun rumah makan dan lainnya. Gunakan modal berupa dana pensiun yang telah anda siapkan jauh-jauh hari.

Lalu bagaimana nasib usaha, mengingat usia yang semakin tua? Jawabannya ialah, anda masih keluarga bukan? Bayangkan jika usaha yang baru anda rintis dapat berjalan dengan sukses, tentunya dapat menjadi aset yang sangat berharga untuk anak istri anda kan?

4. Memperbaiki Kualitas Hidup

Masa pensiun juga dapat anda manfaatkan untuk memperbaiki kualitas hidup anda. Dimana yang semula anda sering lembur malam untuk bekerja, maka dimasa pensiun anda dapat merubah total gaya hidup anda. Anda pun tentunya memiliki banyak waktu untuk mengikuti kelas-kelas kebugaran, seperti GYM, yoga, senam ataupun olahraga lainnya. Kegiatan berolahraga juga merupakan manivestasi anda dalam berinvestasi. Investasi yang dimaksud ialah investasi kesehatan anda, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda dalam menyongsong usia senja.

Baca Juga  Tips Lunasi Hutang untuk Anda yang Berpenghasilan Fluktuatif

Baca juga : Langkah – Langkah Persiapan Pensiun, Khusus Perempuan

Nah, itulah beberapa opsi kegiatan produktif yang bisa anda lakukan saat memasuki masa pensiun. Ingat bahwa umur hanyalah angka. Yang terpenting adalah kegiatan positif apa yang dapat anda lakukan, untuk mengisi masa pensiun anda.

 

Tinggalkan Balasan

Tips membeli laptop baru

Keunggulan Menggunakan MetaTrader 5 Di Broker Forex

keuangan pasangan muda

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda