in

Milenial Wajib Kuasai Kompetensi Berikut Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Kompetensi untuk bersiap di industri 4.0

Pemanfaatan teknologi yang begitu pesat mampu mendorong otomasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Hal ini disebut dengan era revolusi 4.0 dimana mengacu pada bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), teknologi robotik, dan internet saling memengaruhi kehidupan manusia. Kali ini kita akan membahsa kira-kira kompetensi apa saja yang harus dimiliki generasi milenial untuk melawan revolusi industri 4.0?

Sebuah studi menyebutkan bahwa semakin lama teknologi seperti kecerdasan buatan akan menghilangkan beberapa pekerjaan. Namun pada saat yang bersamaan, teknologi juga akan menciptakan peluang pekerjaan dan keterampilan baru.

Dilansir dari Kompasiana, untuk menyambut industri 4.0 ini generasi milenial perlu menyiapkan kompetensi – kompetensi berikut ini agar bersiap dengan kondisi tersebut.

Baca juga: Tips Membelanjakan Gaji Pertama

1. Kemampuan Untuk Bisa Berbahasa Asing

Kemampuan satu ini sangat penting untuk dikuasai agar dapat berkomunikasi di tingkat global. Selain itu, banyak sekali mungkin buku yang masih berbahasa asing sehingga memudahkan belajar dalam hal baru. Intinya, supaya pikiran kita tidak hanya terpacu pada satu wadah saja, sehingga kita bisa mengetahui perspektif dari negara lain ketika mempelajari bahasa baru.

Baca Juga  Risiko Pay Later yang Wajib Anda Ketahui!

2. Kemampuan Berpikir Kritis

Berpikir kritis akan segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Berpikir kritis agar bisa menemukan sebuah solusi jika ditengah-tengahnya dihadang oleh sebuah persoalan. Kemampuan ini dapat ditingkatkan melalui kebiasaan membaca dan berdiskusi secara intensif.

3. Kreativitas

Selain berpikir kritis, kita juga dituntut untuk bisa menunjukkan pikiran yang kretif. Kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik dan out of the box. Menciptakan inovasi-inovasi baru atau mengembangkan yang sudah ada. Berpikir kreatif untuk memunculkan ide-ide yang fenomenal.

4. People Management

Untuk kompetensi ini biasa kita sebut dengan leadership atau kemampuan untuk mengatur. Sejak kita mahasiswa, seringkali kemampuan ini sudah digali dan diasah dengan mengikuti berbagai kegiatan kampus, atau bergabung pada sebuah organisasi atau ekstrakurikuler.

5. Emotional Intelligence

Kemampuan yang juga sering disebut dengan kecerdasaan emosi ini termasuk dalam kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola, serta memanfaatkan emosi dengan benar.

Baca juga: Penelitian: Gara-Gara Medsos, Milenial Makin Boros

Nah, itu dia beberapa kompetensi yang patut dimiliki oleh generasi milenial dalam bertahan pada revolusi industri 4.0. Semangat untuk terus belajar!

Baca Juga  10 Aplikasi Android Termahal di Dunia (Part 3)

Tinggalkan Balasan

Mengenal Psikologi Marketing

Tips membeli laptop baru

7 Tips Membeli Laptop Baru agar Tahan Lama