in

Harga Tiket Pesawat Turun, Beli pada 3 Hari ini untuk Harga yang Murah

Harga tiket pesawat turun

Setelah mengalami harga mahal sejak akhir tahun 2018 lalu, masyarakat kini bisa bernapas lega karena harga tiket pesawat sudah turun. Pemerintah telah menetapkan tarif batas tiket pesawat turun hingga 16 persen. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi para penumpang pesawat terbang.

Keputusan tentang penurunan tiket pesawat diungkapkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang menyatakan batas tarif tiket pesawat telah ditetapkan turun 12 hingga 16 persen.

Alasan penurunan tarif batas tiket pesawat

Setelah melewati berbagai perdebatan dan saling lempar kewenangan, kini pemerintah telah menetapkan penurunan batas atas tarif tiket pesawat. Alasannya jelas karena harga tiket pesawat selama ini dinilai cukup memberatkan masyarakat. Selain itu, pemerintah juga ingin menjaga keberlangsungan industri penerbangan tanah air.

Selain itu, dampak kenaikan harga tiket pesawat tersebut bukan hanya merugikan masyarakat, perusahan jasa perhotelan dan pariwisata juga ikut kena imbasnya akibat sepi pengunjung.

Sebagai jalan keluar akhirnya pemerintah, melalui Menteri Perhubungan mengeluarkan keputusan Nomor 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditandatangani Rabu, 15 Mei 2019.

Baca Juga  Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah! (Part 2)

Keputusan hanya berlaku untuk LLC

Mungkin keputusan tersebut memang tampak menyegarkan. Namun sayangnya hanya berlaku untuk pesawat penerbangan murah alias low cost carrier (LCC). Artinya, maskapai sekelas Garuda Indonesia dan Batik Air yang berlayanan penuh atau FSA (full service airline) tidak terinklusi peraturan ini.

Walau ketentuan sudah ditetapkan, besaran penurunan harga tiket pesawat itu pun belum diputuskan. Kewenangan untuk menentukan jumlah besar persentase penurunan tiket pesawat diberikan kepada masing-masing maskapai LCC.

Untuk membantu efisiensi biaya di maskapai, nantinya para maskapai akan diberi insentif oleh pemerintah untuk meringankan biaya persewaan, perawatan hingga suku cadang pesawat.

Tak hanya itu, pemerintah juga meminta pihak Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II untuk sepakat menurunkan harga pelayanan kebandaraudaraan bagi maskapai. Hal ini meliputi landing fee, parking fee, aviobridge fee, dan check-in counter fee. 

3. Tiket pesawat murah bisa didapatkan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu

Penyediaan harga tiket pesawat yang terjangkau sudah diberlakukan mulai pekan lalu. Namun, ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti oleh maskapai yang terlibat. Hal itu menindaklanjuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian pada 20 Juni 2019.

Baca Juga  Fakta Dibalik Tutupnya Ritel Giant

Masyarakat bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan jam penerbangan antara pukul 10.00 – 14.00 WIB di masing-masing bandara.

Harga tiket pesawat sudah turun, apakah kalian sudah siap kembali berburu tiket pesawat murah?

Baca juga: Maskapai Penerbangan Asing Diberikan Peluang Beroperasi, Akankah Jadi Solusi Untuk Tiket Mahal?

Tinggalkan Balasan

cara mendapatkan tiket pesawat murah

5 Tips Memperoleh Tiket Pesawat dengan Harga Murah

Mengenal Psikologi Marketing