in

7 Tips Membeli Laptop Baru agar Tahan Lama

Tips membeli laptop baru

Tidak berbeda dengan barang elektronik lainnya, performa laptop akan menurun seiring berjalannya waktu. Meski bisa diakali dengan service, toh tidak ada salahnya jika kamu menggantinya dengan yang baru. Hingga saat ini ada banyak laptop yang tersedia di pasaran. Harga dan modelnya pun beragam. Nah, jika kamu berniat membeli laptop baru, berikut ini kami berikan tujuh tips membeli laptop baru.

1. Desain 

Seiring deengan perkembangan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi. Terutama dari segi desain. Dulu laptop berukuran tebal, kini kamu bisa menemukan yang supertipis. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Kendati demikian, yang harus diperhatikan ialah ketahanannya, utamanya pada bagian engsel. Lebih baik, kamu rasakan sendiri bagaimana desain laptop yang jadi incaran.

2. Keyboard 

Pastikan keyboard terasa nyaman di tangan. Hal ini karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerjamu. Yang perlu diperhatikan ialah jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas saat kamu menekan tombol keyboard. Pastikan juga semua tombol bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 1)

3. Daya tahan baterai

Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli.

4. Kualitas layar

Tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang keren. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop baru, pastikan kamu mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

Selain itu, perhatikan juga ukuran layar laptop. Sesuaikanlah dengan kebutuhan. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan laptop berukuran 14 inci. Namun berbeda jika kamu merasa cukup dengan layar laptop yang lebih kecil.

5. Konektivitas

Saat ini,  WiFi sudah pasti menjadi kebutuhan  utama. Karenanya, kamu disarankan mencari laptop dengan kelengkapan konetivitas. Selain dibekali dengan koneksi WiFi, setidaknya, pilihlah laptop yang punya tiga buah port USB. Serta tak kalah penting memiliki port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

6. Prosesor

Performa sebuah laptop ditentukan oleh dapur pacu itu sendiri. Salah satu bagian dari dapur pacu adalah prosesor.  Yang perlu kamu ketahui adalah prosesor apa yang dibutuhkan laptop-mu. Sebagai contoh, baik AMD maupun Intel sama-sama merek yang bisa diandalkan.

Baca Juga  Investasi Properti Menjanjikan Kebebasan Finansial

7. Kapasitas RAM

RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Kapasitas RAM antara laptop biasa dengan laptop gaming tentu berbeda. Jika menggunakan laptop untuk gaming, RAM yang dibutuhkan akan lebih besar.  Semakin besar RAM yang dipasang, laptop bisa memainkan game-game berat sekalipun.

Baca juga: 6 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Mobil Baru

Selain tujuh tips di atas, sebelum membeli laptop baru perhatikan jugagaransi, fitur-fitur pendukung tambahan, keamanan, sampai yang paling penting ialah budget. Kamu tidak akan bisa membeli laptop impianmu jika dana tidak mendukung. Selain itu, sesuaikan juga laptop yang ingin dibeli dengan kebutuhan sehari-hari, ya.

Tinggalkan Balasan

Kompetensi untuk bersiap di industri 4.0

Milenial Wajib Kuasai Kompetensi Berikut Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

6 Cara Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda