in

5 Sistem yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

Sistem kredit mobil

Beberapa tahun belakangan industri otomotif Indonesia sedang dalam masa subur, penjualan kendaraan bermotor terus meningkat. Dari Detik.com salah satu perusahaan pembiayaan memprediksi pada tahun ini peningkatan akan terus terjadi. Seperti beberapa periode sebelumnya, minat masyarakat untuk kredit kendaraan bermotor tersebut naik 5% setiap tahunnya

Namun bagi anda yang berminat mengikuti ‘tren’ tersebut pastikan sudah menimbang apa saja yang harus dilakukan sebelum membeli mobil baru dengan cara kredit. Penting sebelum Anda memutuskan untuk mengambil sistem kredit mobil, mengenali hal-hal lain yang terkait dengan sistem kredit mobil. Apa saja? Simak ulasan yang terkait dengan sistem kredit mobil berikut:

1. Cara Mencari Perusahaan Leasing

Saat ini mungkin Anda sudah memiliki bayangan spesifik mengenai jenis mobil apa yang ingin Anda miliki. Oleh karena itu, di sini kami hanya akan mengarahkan bagaimana memilih perusahaan leasing yang sesuai. Setiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing. Mereka memiliki penawaran yang berbeda. Nah, tugas Anda adalah membandingkan penawaran-penawaran tersebut.

Baca juga: Ingin Kredit Mobil? Baca Syarat-syarat Berikut

Baca Juga  Mulai Sukses Anda dari 4 kebiasaan kecil Ini!

2. Konsultasikan dengan Pihak Leasing

Hal ini tidak boleh Anda abaikan. Anda dan pihak perusahaan pembiayaan harus sama-sama terbuka. Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit mobil, diskusikan dulu persetujuan cicilan dengan pihak leasing. Hanya untuk konsultasi harus tidak menyulitkan pihak leasing sebaliknya yang akan menginisiasi konsultasi ini. Pihak leasing juga akan terbuka untuk Anda. Mereka akan menerima bahwa Anda membayar biaya agar perusahaan tidak merugi.

3. Masa Kredit

Salah satu yang perlu Anda dapatkan saat memilih penawaran adalah masa kredit penawaran tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis mobil memiliki masa sendiri. Jika lebih dari masa tersebut, biasanya mobil memerlukan perhatian lebih, seperti layanan atau perbaikan.

Usahakan memilih penawaran dengan masa kredit kurang dari masa depan mobil. Rata-rata masa depan mobil ekonomis mulai dari 5 hingga 6 tahun. Jika melebihi waktu tersebut, pilih penawaran lain.

4. Suku Bunga

Lembaga Keuangan biasanya menggunakan dua jenis suku bunga, yaitu suku bunga tetap dan suku bunga mengembang. Suku bunga tetap adalah suku bunga yang dihargai sama setiap waktu. Sementara suku bunga mengembang akan dihargai setelah diambil pasar, jadi tidak menentu. Nah, saat ini sudah banyak lembaga yang menggunakan suku bunga tetap. Namun, biasanya hanya di tahun pertama saja, untuk selanjutnya akan diambil suku bunga yang didapat.

Baca Juga  5 Tips Menghemat Kuota Internet Saat Menjalankan Ibadah Haji

5. Uang Muka

Menurut kebijakan Bank Indonesia, uang muka harus disetujui di awal. Untuk kredit mobil, uang muka yang ditetapkan antara 20-25 persen. Namun, uang muka ini belum termasuk biaya asuransi, administrasi, dan bunga kredit.

Nah, mungkin sekian dulu untuk artikel mengenai sistem yang harus diperhatikan sebelum kredit mobil. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merencanakan kredit mobil. Jangan tergesa-gesa, bebaskan kredit di luar batas kemampuan ekonomi Anda.

Baca juga: Kredit Mobil Lewat Bank atau Leasing? Fahami Dulu Hal-Hal Berikut.

Tinggalkan Balasan

Laba BNI Naik 2019

Semester I 2019, Laba Bersih BNI Naik 2,7 Persen

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik

Hal-hal Penting yang Perlu Anda Tahu Tentang Kredit Tanpa Agunan (Part 2)