in

Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah!

karier kuliah

Sebagian besar pola maindset seseorang menilai bahwa kuliah hanya sekedar untuk menuntut ilmu akademik saja. Padahal hal tersebut tak sepenuhnya benar. Masa kuliah juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain, guna memperlebar peluang karier dimasa mendatang. Karena pada dasarnya, menghadapi dunia kerja nantinya seseorang tidak hanya membutuhkan ilmu akademik semata, akan tetapi juga pengetahuan serta dan pengalaman lainnya di luar bidang akademik. Oleh karena itu agar banyak peluang karier ketika lulus kuliah nanti, jangan pernah lakukan hal-hal ini saat masih duduk di bangku kuliah.

1. Menjadi “Mahasiswa Kupu-kupu”

Hal pertama yang musti anda hindari saat anda masih berada dibangku kuliah ialah menjadi mahasiswa yang hanya kuliah-pulang saja, atau sering disebut denga mahasiswa kupu-kupu. Masa kuliah merupakan masa yang tepat untuk anda mulai ‘berkenalan’ degan dunia luar. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa anda ikuti di kampus, seperti kegiatan internal kampus maupun kegiatan mahasiswa lainnya. Hal ini penting untuk anda lakukan, guna membangun networking sejak dini.

Baca Juga  Ingin Jadi Orang Sukses? Coba Terapkan Gaya Hidup Ini! (Part 2)

Megikuti organisasi-organisasi kampus juga menjadi cara yang efektif untuk membangun networking yang luas. Jumlah relasi yang terjalin akan semakin banyak apabila anda mengkuti lebih dari satu organisasi. Selain itu, organisasi juga akan menambah wawasan dan mempertajam skill anda dalam bidang tertentu. Misalnya saja public speaking, problem solving dan merangsang daya pikir anda agar lebih kritis.

Baca juga: Terhalang Kuliah Karena Biaya Pendidikan? Yuk Intip Tips Berikut Ini

2. Malu

Jika anda ingin peluang karir anda terbuka lebar, maka hal yang musti anda buang jauh-jauh ialah rasa malu. Ya, rasa malu mungkin sudah wajar dirasakan oleh mahasiswa,terutama mahasiswa baru. Minimal buanglah rasa malu untuk membuka obrolan, terutama kepada orang yang baru pertama kali anda kenal. Tidak perlu banyak bicara, minimal anda cukup menyapa saja agar orag disekitar anda memberi respons. Lanjutkan obrolan jika orang tersebut memberikan respons balik, agar anda semakin mengenal orang tersebut. Hal ini penting untuk anda latih sejak dini, agar anda dapat memiliki relasi yang semakin luas dan banyak.

Baca Juga  Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Mebel (Part 2)

Baca juga: Trik Agar Bisnis dan Kuliah Berjalan Seirama

3. Malas Mencoba Hal Baru

Hal selanjutnya yang benar-benar harus anda hindari ialah malas, khususnya dalam hal bereksplorasi hal-hal baru. Misalnya saja saat anda memasuki masa liburan, namun anda lebih memilih untuk bersantai di kos dan hanya tidur-tiduran saja. Manfaatkan waktu libur anda untuk mencoba hal-hal baru seperti magang di perusahaan tertentu. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman serta relasi anda. Magang juga akan membuat anda lebih paham mengenai dunia kerja yang sebenarnya.

4. Kurang Memaksimalkan Media Sosial

Sebagai generasi milenial biasakan untuk tak menyianyiakan media sosial anda. Jangan hanya menggunakan media sosial untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Gunakan media sosial sebagai alat untuk nda memperluas relasi. Anda bisa bergabung dalam suatu group untuk membahas hal-hal berguna, misalnya grup pasar modal yang membahas tentang pergerakan harga saham. Hal ini tentuya akan lebih bermanfaat daripada anda hanya anda menggunakan media sosial untuk share berita-berita yang tak jelas kebenarannya.

Baca Juga  Miliki Jiwa Entrepreneur Seperti Eyang Habibie

Baca juga: 3 Hal Sepele Perusak Finansial Anak Muda

Tinggalkan Balasan

kalimantan

Sudah Ketok Palu? Kalimantan Sudah Jadi Ibu Kota Negara

kegagalan bisnis dropshipping

5 Alasan Kegagalan Bisnis Dropshipping