in

Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah! (Part 2)

pantangan mahasiswa

Lulus kuliah kemudian langsung memperoleh pekerjaan yang diidamkan merupakan cita-cita semua mahasiswa. Namun apakah bermodal ijazah saja bisa langsung mendapatkan pekerjaan? Eits tunggu dulu, ada beberapa pantangan yang harus anda hindari agar perjalanan kuliah hingga karir berlangsung mulus. Setelah membaca Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah! bagian 1, coba deh baca pantangan yang harus dihindari mahasiswa berikut ini;

5. Suka Bolos Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa pastinya ada saat dimana anda merasa jenuh dan akhirnya memutuskan untuk bolos kuliah. Sesekali memang tak ada masalah, namun kebiasaan ini jangan anda lakukan berulang-ulag. Hal ini dikarenakan akan berdampak pada persentase kehadiran anda di kampus.

Tidak hanya itu, kebiasaan bolos juga memperkecil popularitas anda karena orang lain jarang melihat anda di kampus. Manfaatkan jam masuk kuliah untuk bertukar pikiran bersama teman, baik tentang pelajaran ataupun tentang organisasi. Dengan demikian, wawasan yang akan anda peroleh menjadi semakin luas, relasi pertemanan pun tentunya juga akan terjaga dengan baik.

Baca Juga  Emas Masih Menjadi Investasi Primadona Bagi Perempuan

Baca juga: Ingin Peluang Karier Terbuka? Jangan Lakukan Hal ini Saat Masih Kuliah!

6. Mengabaikan Proyek dari Dosen

Tidak hanya mengajar, biasanya dosen juga memiliki proyek lain, seperti penelitian yang biasa dilakukan bersama mahasiswa. Oleh karena itu jika seorang dosen meminta bantuan anda untuk meneliti sesuatu, sebaiknya jagan anda abaikan begitu saja.

Jika hasil kerja anda bagus, dosen tersebut bisa saja kembali mengajak anda pada penelitian berikutnya. Dan yang paling menguntungkan lagi jika anda dijadikan asisten dan mendapatkan penghasilan sendiri karena sudah bersedia membantu proyek. Selain itu kegiatan bersama dosen juga tentunya akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, pengalaman, serta relasi baik dengan sesama mahasiswa atau dosen anda.

Baca juga: 5 Ide Pekerjaan Sampingan Cocok buat Mahasiswa

7. Betah Berada di Zona Nyaman

Jangan biarkan diri anda merasa nyaman terhadap rutinitas kuliah-pulang. Sesekali, coba keluar dari zona nyaman anda dengan cara mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi. Bukan hanya sebagai peserta, tapi juga sebagai panitia yang mengurus jalannya acara. Hal ini juga sangat penting untuk membuka peluang karier anda, mengingat dalam sebuah kegiatan tentunya akan berpeluang menambah relasi anda.

Baca Juga  Berbagai Jenis Arisan, Antara Menabung Kekayaan Atau Silaturahmi ?

Dalam sebuah kepanitiaan tentunya terdiri dari beberapa seksi, seperti seksi acara, konsumsi, peralatan, hingga publikasi. Pilihlah seksi yang sekiranya sesuai minat dan kemampuan anda, tentunya agar anda semakin mudah untuk berkontribusi pada acara tersebut.

Bangun relasi yang baik dalam acara tersebut. Hadapi segala perbedaan dengan bijak untuk menjaga relasi. Pendapat boleh berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana bersikap lebih dewasa menghadapi perbedaan tersebut. Jadilah sosok yang mau membuka diri dan bergaul dengan orang-orang yang ada di sekitar, sehingga relasi semakin bertambah luas dan peluang karier andapun akan semakin banyak pula.

Baca juga: Daftar Periksa Keuangan untuk Mahasiswa 

Itulah beberapa pantangan yang harus dihindari mahasiswa selama anda masih duduk dibangku kuliah, tentunya agar karier anda semakin terbuka dikemudian hari. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

keuangan buah hati

Tips Jitu Mengatur Keuangan Untuk Menyambut Buah Hati

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Hotel Operator

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Hotel Operator