in

5 Keuntungan Memiliki Investasi Rumah Kontrakan

investasi rumah kontrakan

Banyaknya jenis investasi terkadang membuat sebagian orang bingung untuk memilih jenis investasi apa yang cocok untuk dijalankan dan tentunya memiliki prospek yang cerah. Beberapa opsi investasi mainstream tentunya sudah banyak kita ketahui, namun bagaimana adengan investasi rumah kontrakan? Kali ini PikiranTrader akan membahas beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, ketika anda memilih investasi ini. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

1. Banyaknya Peminat

Rumah kontrakan hingga saat ini masih sangat banyak peminatnya, terlebih didaerah perkotaan dan industri. Faktor lain seperti semakin meningkatnya perekonomian kelas menengah yang diisi oleh orang-orang berusia muda yang ingin memiliki property sendiri juga sangat menunjang peminat rumah kontrakan ini. Minat untuk menyewa rumah di kalangan penduduk kota cenderung masih tinggi, terutama bila rumah anda dekat dengan ruang-ruang publik yang vital seperti pusat belanja, perkantoran, terminal atau tempat mengakses angkutan umum, rumah sakit, dan sebagainya. Oleh karena itu satu kelebihan rumah kontrakan ini ialah, tak akan surut peminatnya.

Baca Juga  Apa itu Aset Investasi Safe Haven?

Baca juga: Investasi Rumah Kontrakan? Simak Tips Jitu Berikut!

2. Meningkatnya Harga Sewa Tiiap Tahunnya

Seiring meningkatnya harga pasaran rumah tiap tahunnya, harga sewa rumah kontrakan anda juga secara otomatis juga meningkat. Jika harga sewa rumah anda tidak kurang dari 5% dari harga jual rumah anda itu artinya jika rumah tersebut dijual seharga Rp500 juta, maka harga sewa yang pantas adalah Rp25 juta tiap tahunnya. Ketika harga rumah meningkat tiap tahunnya, harga sewa juga diharapkan akan meningkat. Peningkatan harga rumah ini diprediksi sebesar 10%-15% tiap tahunnya. Namun, ini bukan hitungan yang pasti, semua tergantung pada lokasi, kondisi rumah, dan perencanaan dimasing-masing daerah. Bagaimana? Cukup menjanjikan bukan?

3. Perawatan Bisa Dibebankan pada Penyewa

Untuk perawatan rumah, andapun bisa membebankan kepada penyewa. Tentu perawatan yang dimaksud adalah perawatan yang ringan-ringan saja seperti taman, tanaman, dan sebagainya. Pemilik tentu saja membutuhkan tempat tinggal yang baik dan bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya. Agar tetap dapat digunakan, tentu harus ada perawatan-perawatan kecil yang bisa mereka lakukan sendiri sebagai penyewa. Namun, ketentuan ini tentu harus disepakati di awal kontrak supaya tidak terjadi perselisihan karena pihak yang satu dianggap melanggar kesepakatan oleh pihak yang lain.

Baca Juga  Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!

Baca juga: Investasi Properti Menjanjikan Kebebasan Finansial

4. Capital Gain yang Relatif Tinggi

Ketika menginvestasikan rumah, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis investasi properti yang lain, misalnya tanah. Tanah kosong, sebagai contoh, tidak memiliki manfaat langsung, atau hanya bisa dimanfaatkan secara terbatas untuk mendapatkan capital gain yang anda harapkan. Sedangkan ketika anda menginvestasikan rumah, anda bisa memiliki manfaat langsung yang lebih banyak sehingga bisa menghasilkan capital gain yang lebih besar.

5 Dapat Digunakan sebagai Agunan

Investasi rumah relatif menguntungkan bila dibandingkan dengan investasi tanah, misalnya, karena rumah bisa digunakan sebagai agunan. Untuk mengembangkan usaha, dalam bidang apapun, anda suatu saat akan membutuhkan pinjaman dari pihak bank dalam jumlah yang relatif besar. Rumah anda yang disewakan itu, selain bisa mendatangkan pemasukan pasif bagi anda, juga bisa dijadikan agunan pinjaman.

Baca juga: Ingin memulai bisnis properti tanpa modal? Begini caranya.

Itulah 5 kelebihan sekaligus keuntungan dari berinvestasi rumah kontrakan. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan anda sekaligus dapat menjadi referensi anda untuk memilih opsi investasi anda. Jadi? Tertarik berinvestasi rumah kontrakan?

Baca Juga  Anda Pilih Mana, Trading Atau Investasi?

Tinggalkan Balasan

Berkenalan dengan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

resiko berinvestasi rumah kontrakan

Awas! Ini Resiko Berinvestasi Rumah Kontrakan