in

Awas! Ini Resiko Berinvestasi Rumah Kontrakan

resiko berinvestasi rumah kontrakan

Pada dasarnya memang setiap investasi haruslah menguntungkan, termasuk investasi rumah sewa seperti rumah kontrakan. Namun juga perlu kita sadari bahwa setiap opsi investasi juga memiliki resiko dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk anda tahu beberapa resiko yang dapat anda terima, apabila berinvestasi rumah kontrakan ini. Apa saja resiko tersebut? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Properti Tidak Terawat

Risiko pertama yang bisa saja terjadi adalah anda mendapatkan penyewa rumah yang tidak bertanggungjawab terhadap rumah yang mereka sewa. Barangkali hal ini berkaitan dengan tidak adanya rasa memiliki yang melekat pada penyewa, sehingga mereka seakan lepas tangan untuk masalah perawatan rumah dalam hal sekecil apapun. Hal terburuk yang terjadi adalah mereka meninggalkan rumah anda dalam kondisi buruk ataupun rusak. Hal ini dapat diatasi dengan selektif dalam memilih calon penyewa, serta dibuat aturan atau kesepakatan terlebih dahulu di awal sebelum kontrak ditandatangani supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Investasi Rumah Kontrakan

Baca Juga  5 Hal yang Harus Dihindari Agar Investasi Optimal

2. Jangka Waktu Sewa Pendek

Jangka waktu rumah kontrakan ini relatif lebih pendek bila dibandingkan dengan jenis investasi properti yang lainnya. Rata-rata yang ditemui untuk sewa rumah ini adalah satu tahun hingga dua tahun saja. Namun demikian, tetap ada penyewa rumah yang selalu mengajukan perpanjangan sewa hingga beberapa tahun kemudian. Bila dibandingkan dengan ruko, kios, ataupun tanah, jangka waktu mereka bisa lebih panjang karena biasanya digunakan untuk membuka usaha. Misalnya, ruko disewa untuk dibuka toko sepeda, butuh waktu beberapa tahun barangkali bagi calon konsumen untuk memandang toko tersebut sebagai tujuan ketika membutuhkan bagian-bagian sepeda. Ada proses pengenalan brand yang harus dipertimbangkan ketika menyewa ruko, dan ini tidak ditemukan pada rumah yang disewakan.

3. Berisiko Digunakan untuk Hal-Hal Negatif

Berbagai berita yang muncul di media menyebutkan bahwa rumah kontrakan seringkali digunakan sebagai tempat untuk menjalankan usaha-usaha yang bertentangan dengan norma dan hukum. Misalnya, banyak ditemukan tempat produksi obat-obatan berbahaya yang dilakukan di rumah kontrakan. Atau bahkan banyak juga ditemukan rumah kontrakan yang berada di sekitar kampus, disewa bersama-sama oleh sekelompok mahasiswa untuk menempati beberapa kamar di sana.

Baca Juga  Pengertian Indeks Harga Saham Bagi Investor Pemula

Baca juga: Investasi Obligasi: Definisi dan Beberapa Keuntungannya

Anda sebagai pemilik rumah mau tidak mau akan turut terkena teguran oleh warga sekitar karena bagaimanapun juga aktivitas tersebut dilakukan di dalam aset anda. Lalu bagaimana solusinya? Yang jelas anda harus kenali baik-baik calon penyewa rumah kontrakan anda, lalu buatlah semacam perjanjian atau kesepakatan mengenai hal-hal yang dilarang dilakukan di dalam rumah anda. Dengan begitu, resiko untuk menyalah gunakan rumah kontrakan anda untuk hal-hal yang tak diinginkanpun bisa anda minimalisir.

4. Capital Rate Relatif Rendah

Resiko berinvestasi rumah kontrakan yang terakhir, ialah mengenai capital rate yang relatif lebih rendah. Mengapa relatif rendah? Sebab harga sewa rumah kontrakan sudah ditentukan sejak awal perjanjian dan tidak ada biaya tambahan lainnya dari anda sebagai pemilik rumah. Berbagai sumber menyebutkan bahwa capital rate rumah sewa rata-rata sebesar 3%-5%. Bila dibandingkan dengan properti lain seperti kios dan ruko. Capital rate tersebut lebih rendah karena biasanya kios dan ruko memiliki bangunan yang lebih luas dari luas tanahnya.

Baca Juga  Pangsa Pasar Reksadana Syariah Nyaris Sentuh 10 Persen

Baca juga: Fakta Dibalik Mitos Investasi Saham

Itulah beberapa resiko dari memilih rumah kontrakan sebagai opsi investasi. Perlu diingat bahwa setiap opsi investasi tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dengan beberapa ulasan PikiranTrader diatas, semoga dapat menjadi warning bagi anda, jika anda memilih rumah kontrakan untuk opsi berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

investasi rumah kontrakan

5 Keuntungan Memiliki Investasi Rumah Kontrakan

Trik Jitu Investasi Melawan Resesi Ekonomi Part 1