in

Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 1

uang 0 juta, iPhone 11 atau investasi

Pada hari Selasa (10/9) yang lalu, Apple Inc secara resmi telah mengeluarkan tiga iPhone barunya. Ketiga iPhone tersebut adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Jika kamu memiliki uang yang cukup banyak, manakah yang anda piiih? Membeli salah satu iPhone 11 tersebut atau investasi?

iPhone 11 Pro Max merupakan termahal dari ketiga iPhone tersebut yakni senilai US$ 1.450 atau setara dengan Rp 20,3 juta (asumsi US$ 1 = Rp 14.000). iPhone 11 Promax memiliki penyimpanan (storage) internal sebesar 512 GB.

Sementara itu, harga yang ditawarkan untuk model termurah, iPhone 11, yakni US$ 699 atau senilai dengan Rp 9,79 juta (asumsi US$ 1 = Rp 14.000).

Baca juga: Tertarik Tanam Saham di Apple Sampai Microsoft? Begini Caranya!

Harga iPhone bisa turun dari tahun ke tahun

Pada umumnya, seperti biasa dalam dunia gadget atau smartphone, jika muncul produk baru, maka akan ada penurunan harga pada produk lama. Decluttr, situs jual-beli ponsel bekas, menemukan harga ponsel iPhone lawas turun banyak setelah iPhone baru diluncurkan. Meski begitu, harga perangkat Android biasanya turun lebih cepat dari harga perangkat iOS.

Baca Juga  Investasi dan Spekulasi, Apa Perbedaannya? (2)

Dikutip dari CnbcIndonesia, nilai iPhone akan turun sebesar 40% sebulan setelah produk anyar dirilis. Sebagai contohnya, Decluttr menunjukkan bahwa dalam 11 bulan, iPhone XS telah kehilangan 49% nilainya. Sekarang, nilai jual iPhone XS US$ 512 atau senilai dengan Rp 7,21 juta.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Declutrr, rata-rata penurunan nilai Apple iPhone mencapai 30% ketika model terbaru diumumkan.

Baca juga: Transaksi Besar oleh Sinarmas Sekuritas Ditemukan di Saham GGRM

Nilai penurunan ini terbilang sangat signifikan ketika produk baru bermunculan. Yaa..meskpun sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa iPhone atau gadget yang lainnya merupakan barang yang memiliki umur ekonomis yang mana wajar sekali jika mengalami penurunan.

Jadi, dengan harga termahal yang mencapai 20 juta, manakah yang kamu pilih? Membeli iPhone 11 atau investasi? Mungkin sebagian orang akan berfikir “sayang sekali duitnya” untuk membeli produk yang harganya bisa turun cepat. Pasalnya, dengan uang 20 juta rupiah bisa dialihkan ke investasi yang nilainya bisa berkembang.

Baca Juga  Risiko dan Kelebihan Investasi Derivatif

Baca juga: Imbas dari Lesunya Ekonomi Global, Beberapa Emiten Turunkan Target IHSG

Tinggalkan Balasan

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri

Simak Aplikasi Bisnis Online yang Sangat Membantu Anda (2)