in

Cara Membedakan Berlian Asli & Palsu

keunggulan investasi berlian

Segala jenis instrumen investasi pada dasarnya memiliki resiko masing-masing, tak terkecuali investasi berlian. Jenis instrumen investasi batu mulia inipin kini tengah banyak diminati. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, semakin populer sebuah bisnis maka akan semakin tinggi pula resiko modus penipuannya. Terlebih lagi untuk orang-orang yang baru memulai jenis instrumen investasi ini. Jadi sebagai salah satu tindakan pencegahan, ada baikanya bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu ciri-ciri berlian asli untuk mengetahui perbedaannya dengan berlian yang abal-abal. Lalu bagaimana cara membedakan berlian asli dengan berlian palsu? Simak ulasan PikiranTrader berikut ini;

1. Cek Menggunakan Mesin Pendeteksi Berlian

Seperti emas, berlian pun memiliki mesin pendeteksi khusus untuk mengecek apakah berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah. Jika kamu bingung membelinya dimana atau ragu dalam menggunakannya kamu bisa mendatangi toko berlian terdekat dan meminta tolong untuk mengecek keaslian dan kualitas dari Berlian tersebut menggunakan mesin mereka, biasanya mesin pendeteksi yang digunakan sebuah toko perhiasan akan lebih akurat dan lebih canggih daripada mesin pendeteksi yang portabel yang biasa dijual untuk digunakan pribadi. Jika mesin pendeteksi mengeluarkan cahaya merah dan mengeluarkan bunyi artinya berlian tersebut asli dan jika mengeluarkan cahaya hijau atau kuning artinya ada kemungkinan batu berlian tersebut palsu atau berkualitas rendah.

Baca Juga  3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang akan Memutar Dana Anda

2. Fog Test

Berlian memiliki konduktivitas panas yang tinggi didalamnya, karena itu berlian tidak akan berembun jika Anda menghembuskan nafas ke berlian tersebut. Embun yang dihasilkan oleh hembusan nafas tersebut akan hilang seketika di berlian bahkan kurang dari 1 detik. Tidak seperti berlian palsu yang akan berembun beberapa detik jika dilakukan aksi yang sama.

3. Test Transparasi

Untuk membedakan apakah berlian itu asli atau tidak, Anda bisa memposisikan di atas sebuah koran atau buku. Berlian yang asli akan menutupi cahaya dan benar-benar padat sehingga walaupun terlihat bening, kamu tetap tidak akan bisa melihat objek seperti huruf atau angka yang ditutupi berlian. Berbeda dengan berlian palsu yang masih bisa memberikan bayangan walaupun samar untuk objek yang ditutupi.

Baca juga: 4 Faktor Penentu Harga Berlian

4. Dibakar

Berlian asli tidak akan panas walaupun sudah dibakar atau dipanaskan dengan suhu tinggi karena berlian asli akan cepat menghilangkan/menyerap panas dengan cepat.

5. Floating/Water Test

Berlian memiliki sifat yang sama dengan batu mulia lain, yaitu tidak akan terapung jika diletakkan di dalam air. Karena massa dari berlian asli pasti akan lebih berat daripada zat cair berbeda dengan berlian palsu yang terdiri dari batu mineral lain yang bisa saja serupa dengan berlian

Baca Juga  Tenang Berinvestasi, Berikut Caranya

6. Refleksi Cahaya

Perlu diketahui, berlian asli tidak akan memberikan warna refleksi selain warna abu-abu. Jadi jika kamu ragu dengan keaslian berlian, letakan berlian di tempat yang memiliki cahaya atau sorotkan cahaya langsung ke berlian seperti senter dan jika refleksi cahaya yang ditimbulkan adalah warna selain abu-abu itu artinya ada kemungkinan berlian tersebut palsu, dicampur atau berkualitas rendah.

7. Diamplas atau Digosok ke Media yang Kasar

Sebagai batu paling keras di dunia, membuat berlian bukan hanya susah untuk dihancurkan tapi juga tidak bisa tergores. Walaupun sudah sengaja di gosok oleh amplas atau benda tajam lainnya. Berlian palsu tentu akan kebalikannya karena kebanyakan berlian palsu mengandung bahan cubic zirconias yang mudah tergores bahkan habis jika diamplas dengan kuat.

Baca Juga: Beberapa Alasan Mengapa Berlian Lebih Menguntungkan untuk Investasi

Itulah ulasan tentang beberapa cara membedakan berlian asli dengan berlian palsu. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda, khususnya para pemula pebisnis berlian.

Baca Juga  Investasi emas batangan atau perhiasan. Mana yang Lebih Cuan?

Tinggalkan Balasan

Sering disingkat juga sebagai MA, Moving Average adalah indikator analisis teknikal yang paling sering digunakan karena bisa dibilang paling sederhana dibandingkan indikator lainnya.

3 Indikator Analisis Teknikal Forex Trading

Cara agar cuan ketika Bull and Bear

Pelaku Pasar Saham, Simak Cara Cuan Ketika Bull and Bear (Part 2)