in

Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!

Pernyataan Apple Mempengaruhi Harga Emas
5 Cara Investasi Emas Batangan yang Menguntungkan

Selama ini, emas dikenal sebagai instrumen investasi yang cukup menguntungkan karena kecenderungannya memiliki harga yang meningkat dari tahun ke tahun. Selisih harga inilah yang dijadikan keuntungan bagi pemilik investasi atau investor emas. Namun jenis investasi ini juga tak jarang menjadi alat bagi pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan dengan cara yang tidak benar dan merugikan orang lain. Lalu bagaimana modus penipuan investasi emas ini dapat terjadi? Biasanya konsep yang digunakan para penipu ini adalah sebuah permainan uang atau money game.

Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games

Secara sederhana, money game yang berupa arisan berantai ini dimulai ketika seseorang (dalam hal ini perusahaan) menawarkan sebuah peluang usaha atau bisnis yang berani menjanjikan tingkat keuntungan yang fantastis, berkali-kali lipat dari bisnis aman. Nasabah mana yang tidak tergiur mendaftar apalagi diberi imbalan tambahan berupa bonus secara teratur, sama seperti yang dijanjikan oleh perusahaan. Mereka yang mendaftar di tahap awal dan mendapatkan bonus cuma-cuma tadi lantas memasarkan secara mulut ke mulut kepada semua orang, baik itu keluarga, teman, rekan kerja, dan kenalan lainnya serta membujuk mereka untuk mau bergabung dengan embel-embel sukses bersama. Dari rekrutmen ini, nasabah tahap awal tadi akan mendapatkan bonus sehingga memacu mereka untuk gencar melakukan promosi dengan lebih gila lagi.

Baca Juga  Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 2)

Baca juga: Rekomendasi Situs Transaksi Emas Online Terpercaya

Cara Kerja Money Games di Investasi Emas

Bonus yang terus menerus

Mungkin Anda bertanya, dari mana perusahaan bisa membiayai semua bonus yang didapatkan? Apa bisnisnya sehingga bonus yang diberikan seolah tanpa akhir dan terus menerus ada? Di sinilah letak  kunci money game tadi. Uang yang mereka berikan sebenarnya adalah akumulasi modal yang dikumpulkan para nasabah tahap awal. Dana tersebut sama sekali tidak ditanamkan dalam bentuk invetasi yang riil melainkan hanya sekedar diputar di tempat.

Hal ini akan terus menerus dilakukan hingga mencapai titik jenuh para nasabah. Rasa antusias nasabah tidak segencar di awal pendirian bisnis penipuan ini. Tahun ketiga merupakan tahun rawan perusahaan mulai tidak bisa membayar bonus kepada nasabah yang semakin membengkak sementara dana pemasukan semakin sedikit. Pada akhirnya, meski nasabah juga berdemo menuntut pembayaran bonus, pemilik yang sebenarnya memang penjahat kelas kakap akan sudah mengetahui tanda-tanda kebangkrutan dan kabur bersama dengan uang hasil penipuannya. Tertangkapnya pemilik ini mungkin hanya akan bertahan beberapa waktu saja. Sekembalinya pemilik ke dunia bebas ia akan tetap menjadi kaya raya dan bukannya tidak mungkin akan mengulang kembali ulahnya.

Baca Juga  BEI: Bursa Libur Selama Lebaran

Baca juga: Berminat Investasi Emas? Simak Dulu Beberapa Resiko Berikut!

Harga yang lebih tinggi

Sistem ini merupakan konsep penipuan yang umum digunakan oleh para bisnis penipu berkedok investasi emas. Keuntungan yang didapatkan berasal dari patokan harga emas yang lebih tinggi dari harga emas resmi dan bisa mencapai puluhan persen untuk setiap satu gramnya. Padahal untuk dapat berinvestasi, biasanya perusahaan akan menetapkan minimal investasi emas sebesar 100 gram dan diberi janji bahwa investasi mahal ini juga akan memberikan return yang tidak kalah tingginya, bahkan diklaim lebih tinggi dari persentase selisih harga emas resmi dengan harga emas yang dipatok pada perusahaan gadungan ini.

Mendengar hal seperti itu, tidak heran bila para pemilik modal justru langsung akan berinvestasi dalam jumlah besar. Meski minimal hanya membeli 100 gram, tak jarang ada nasabah yang membeli 500 gram, 1000 gram, bahkan 5000 gram. Bayangkan berapa banyak keuntungan yang dapat diambil perusahaan? Inilah yang akan digunakan untuk pembiayaan bonus nasabah yang sebenarnya tidak ada apa-apanya dibanding keuntungan yang didapatkan perusahaan. Mengapa begitu tinggi? Jelas hal ini sudah direncanakan dari awal. Bisnis palsu ini akan bertahan setidaknya sampai 3 tahun. Setelah itu munculnya tanda-tanda kebangkrutan yang sudah diprediksi. Pemilik bisnis akan lari membawa uang hasil tipuannya yang jumlahnya sudah tidak bisa lagi ditampung oleh satu rekening tabungan.

Baca Juga  Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu (Part 2)

Baca juga: Rekomendasi Situs Transaksi Emas Online Terpercaya (Part 2)

Nah, itulah modus penipuan investasi emas melalui money games. Semoga ulasan PikiranTrader kali ini dapat bermanfaat, khususnya dalam menambah wawasan akan modus penipuan investasi emas.

Tinggalkan Balasan

Cara agar cuan ketika Bull and Bear

Pelaku Pasar Saham, Simak Cara Cuan Ketika Bull and Bear (Part 2)

Dollar Cost Averaging

Tips Menabung Rutin ala Dollar Cost Averaging