in

Cara Menghindari Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games

Resiko Emas

Secara sederhana, money game yang berupa arisan berantai ini dimulai ketika seseorang (dalam hal ini perusahaan) menawarkan sebuah peluang usaha atau bisnis yang berani menjanjikan tingkat keuntungan yang fantastis, berkali-kali lipat dari bisnis aman. Money game inipun tak jarang juga sering kali dijadikan media untuk melancarkan aksi penipuan investasi emas. Oleh karena itu, untuk menghindarkan Anda dari kasus penipuan berkedok investasi emas, tak ada salahnya apabila Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini; 

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Keuntungan Besar

Waspadai bisnis yang berani menawarkan keuntungan yang tinggi dan tidak wajar. Bahkan perusahaan gadungan ini tidak segan memberikan nilai persentase yang pasti. Tidak pernah ada bisnis investasi yang mempunyai nilai profit pasti dan bulat. Keuntungan hanyalah dalam bentuk bunga tabungan bank dan itupun tidak terlalu besar.

Baca juga: Situasi Ekonomi Up and Down: Pilih Investasi Dolar AS atau Emas?

2. Jangan Mudah Percaya Rayuan

Jangan langsung tergiur dengan produk yang dihargai mahal dan jangan langsung beranggapan bahwa produk tersebut merupakan produk dengan kualitas jauh lebih baik daripada produk yang ada di pasaran. Inilah peran pemasaran mereka yang cenderung ‘menghipnotis’ para calon korbannya untuk mau bergabung dengan bisnis palsu ini.

Baca Juga  Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

3. Jangan Menitipkan Barang Investasi Anda

Bila Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, hindari menitipkan barang investasi kepada perusahaan karena hal ini berpotensi menjadi kasus penipuan apalagi bila Anda belum mengenal baik pihak pengelola investasi. Siapa yang tahu bahwa emas yang dititipkan tersebut ternyata juga ditawarkan kepada orang lain sehingga perusahaan akan mendapatkan untung ganda yang cukup besar.

Baca juga: Awas! Begini Modus Penipuan Investasi Emas Melalui Money Games!

4. Cari Informasi Lebih Banyak

Indonesia memang negara yang terkenal dengan inflasi yang terus ada dan meningkat setiap tahunnya. Tapi ini bukan alasan satu-satunya Anda harus berinvestasi emas apalagi dengan informasi yang tidak lengkap. Berhati-hatilah memilih jenis investasi terutama dengan perusahaan yang belum jelas. Untuk mendapatkan informasi pasti mengenai perusahaan yang mendapatkan izin untuk pengelolaan investasi emas, silakan cari informasi di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

5. Pertimbangkan Baik-baik

Tidak perlu terburu-buru berinvestasi emas apalagi hanya karena mendengar beberapa nama pejabat yang dicantumkan untuk membujuk Anda berinvestasi emas. Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, cari tahu dulu sebelum memutuskan. Kalau sudah mendengar banyak keluhan, bisa jadi investasi yang ditawarkan palsu atau bodong.

Baca Juga  Keuntungan dan Kerugian Investasi Asuransi Unit Link

6. Pelajari Cara Kerja Perusahaan

Ketahui secara pasti apa bisnis perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan dari hasil bisnis bukan dari perputaran uang yang merupakan modal semua nasabahnya. Bagaimana caranya? Anda bisa bertanya langsung kepada ahlinya atau kepada orang-orang yang pernah berinvestasi di sana. Sekarang juga sudah mudah mencari informasi produk investasi di Google.

Baca juga: Beberapa Alasan Mengapa Berlian Lebih Menguntungkan untuk Investasi

Itulah beberapa cara untuk menghindari penipuan investasi emas melalui money games. Semoga ulasan PikiranTrader kali ini dapat membantu Anda, serta dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil investasi emas. Pertimbangan ini penting agar Anda terhindar dari penipuan money games atau modus-modus penipuan investasi lainnya. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati dalam mengambil invetasi ya!

Tinggalkan Balasan

Investasi sepatu sneakers mendatangkan cuan

Investasi Sepatu Sneakers, Apa Bisa?

REVIEW BROKER: ACY (ACY Securities Pty Ltd)

REVIEW BROKER: ACY (ACY Securities Pty Ltd)