in

Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

emas

Bagi masyarakat Indonesia, emas menjadi salah satu aset yang sangat berharga dan terkadang menjadi patokan untuk menilai. Karena sifatnya yang berharga, tidak sedikit orang menggunakan emas sebagai hadiah kepada orang yang spesial, termasuk menjadi mahar pernikahan. Untuk urusan berinvestasi emas dalam nilai yang besar, masih ada kekhawatiran masyarakat terhadap keaslian emas yang akan digunakan. Terlebih bagi yang masih pemula, pasti ada keraguan kalau emas yang dibeli palsu sehingga tidak percaya diri untuk mulai investasi. Meskipun ada gerai resmi menjual emas, tidak ada ruginya membelinya di sana jika tahu cara mengenali emas asli atau palsu dan membandingkan harga emas yang terbaik. Beberapa cara berikut ini dapat digunakan untuk memudahkan dalam membedakan emas asli atau palsu.

1. Perhatika Fisik Emas

Perbedaan emas palsu dan emas asli ini dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Kita dapat melihat tanda-tanda khusus yang umumnya ada di emas murni. Contohnya, adanya cap yang menandakan kadar emas. Biasanya menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Namun, yang lazim dikenal di Indonesia menggunakan satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

Baca Juga  6 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Baca juga: Butuh Dana Cepat, Lebih Baik Jual atau Gadai Emas?

2. Digosok, Apakah Berubah Warna?

Cara kedua untuk mengetahui apakah emas asli atau palsu adalah dengan cara menggosoknya. Coba pegang dengan baik emas yang sedang diteliti. Lalu, gosok-gosok permukaan emas dengan telapak tangan atau telunjuk. Kalau menggosok permukaan tertentu seperti pinggiran atau bagian tepi, kita akan dapat memastikan keasliannya. Jika setelah digosok warnanya menjadi pudar atau tak seragam, emas ini terindikasi palsu. Sebaiknya, urungkan niat membelinya.

3. Goreskan Pada Keramik Atau Kertas

Bisa juga menggunakan keramik atau kertas untuk mengecek keaslian emas. Apabila emas yang digoreskan ke keramik atau kertas tidak meninggalkan bekas, itu tandanya emas tersebut asli. Tidak adanya goresan yang tertinggal bisa menjadi petunjuk bahwa emas ini asli. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara yang digunakan ini berisiko merusak emas.

Baca juga: Cara Membedakan Berlian Asli & Palsu

4. Coba Dekatkan dengan Magnet

Cara keempat untuk membedakan antara emas asli atau palsu, ialah dengan mendekatkan emas dengan magnet. Emas merupakan logam yang bersifat nonmagnetis. Ini berarti apabila didekatkan magnet, emas tidak akan tertarik atau menempel. Perlu diingat, pengujian ini juga tidak berarti emas yang dimiliki terjamin asli karena banyak logam lain yang punya sifat nonmagnetis.

Baca Juga  Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 1)

Tinggalkan Balasan

hati-hati dengan bandar saham

Hati-Hati Dengan Bandar Saham! Yuk, Lebih Mengenal Bandarmologi (Part 2)

Gagal Berinvestasi? Tenang, Lakukan Hal Berikut Ini (Part 2)