in

Opsi Investasi Emas, Pilih Batangan atau Perhiasan?

emas

Seperti yang kita tahu, salah satu jenis instrumen investasi yang tak lekang oleh waktu ialah investasi emas. Logam mulia yang satu ini memang masih menjadi primadona para investor dalam menambah pundi-pundi kekayaannya. Sifat emas yang cenderung memiliki harga yang naik, membuat banyak orang ingin mencoba untuk menginvestasikannya. Namun, tak sedikit pula yang masih bingung antara berinvestasi emas batangan atau emas perhiasan. Nah, kali ini PikiranTrader akan membahas dua opsi investasi emas ini, sebagai pandangan untuk Anda yang hendak mencoba investasi logam mulia ini.

1. Emas Batangan

Emas batangan dianggap sebagai bentuk opsi investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil. Selain hal tersebut, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang Anda keluarkan akan lebih terjamin dan Anda bisa berinvestasi dengan rasa aman.

Baca Juga  Wajib Dipahami! ini 4 Resiko Investasi Saham

Namun meski demikian, tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini, terutama dengan harga emas yang semakin mahal setiap harinya. Secara khusus pemerintah memang memiliki layanan penjualan emas batangan melalui PT. Antam, namun hanya di beberapa kota besar saja. Bahkan meski pegadaian dan juga beberapa bank memberikan layanan penjualan emas batangan, hal tersebut tetap sulit diakses oleh semua orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dan jauh dari pusat kota. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

Baca Juga : Butuh Dana Cepat, Lebih Baik Jual atau Gadai Emas?

2. Emas Perhiasan

Hampir semua orang tentu menyukai perhiasan, terutama kaum hawa,. Hal inipun menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan. Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris, yang akan menambah nilai penampilan seseorang.  Emas dalam bentuk perhiasan juga akan jauh lebih mudah didapatkan, jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk batangan. Ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, bukan hanya di kota besar saja, namun juga didaerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Dengan begitu, orang akan lebih mudah membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka miliki.

Baca Juga  Pangsa Pasar Reksadana Syariah Nyaris Sentuh 10 Persen

Namun ingat, selalu ada kemungkinan Anda untuk mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran. Sebab tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengukur kadar emas yang mereka beli. Untuk itu penting bagi Anda untuk selalu teliti kadar emas yang Anda beli, agar Anda tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang Anda lakukan.

Baca juga: Hendak Investasi Emas? Begini Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu (Part 2)

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang terbilang cukup besar. Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya pembuatan ini berkisar antara 15-20% dari nilai emas itu sendiri, beberapa toko perhiasan ternama bahkan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30% pada perhiasan mereka. Sejumlah biaya pembuatan yang dikenakan tersebut tidak akan dihitung, ketika Anda menjual kembali perhiasan emas Anda. Artinya, toko perhiasan nanya akan membayarkan sejumlah uang, yang sesuai dengan nilai jual perhiasan emas itu saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, selalu pertimbangkan memilih jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit, sebab semakin rumit sebuah perhiasan, maka akan semakin tinggi biaya pembuatannya. Jangan sampai Anda membayar sejumlah biaya pembuatan yang mahal, sementara beberapa bulan kemudian Anda menjual kembali perhiasan tersebut dengan harga yang tentunya jauh lebih rendah dari harga beli yang Anda keluarkan.

Baca Juga  4 Faktor Penentu Harga Berlian

Baca juga: Emas Masih Menjadi Investasi Primadona Bagi Perempuan

Nah itulah pembahasan tentang dua opsi investasi emas. Dari ulasasn diatas, dapat kita simpulkan bahwa keduanya tentu memiliki keunggulan dan juga kekurangan tersendiri. Apapun pilihan investasi emas yang akan Anda pilih, tentunya akan sama-sama memberikan manfaat dikemudian hari. Semoga ulasan kali ini membantu dan selamat berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Kabar Gembira! Tahun 2020 Upah Minimum Provinsi Naik 8,5%

Sebelum Beli Klub Italia, Kekayaan Bos Grup Djarum Tembus 504 Triliun

Sebelum Beli Klub Italia, Kekayaan Grup Djarum 504 Triliun