in

Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 1)

mahasiswa melakukan trading saham

Bagi yang sudah menanamkan dananya ke reksa dana mungkin ada rasa ingin pindah ke lain hati. Misalnya beralih ke saham. Kira-kira untung mana antara reksa dana atau beli saham sekalian ya? Nah pada artike part 1 kali ini, kita akan mengulas sedikit mengenai kinerja saham dan reksa dana beberapa tahun belakangan.

Investor reksa dana, khususnya jenis reksa dana saham (mayoritas berisikan instrumen saham), apabila keuntungan yang didapat dirasa kurang, mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk beralih ke saham?

Ketika ingin menentukan investasi yang cocok, semuanya kembali ke pribadi dari investor itu sendiri. Apakah tujuannya, ingin jangka pendek, menengah, atau panjang. Perlu juga kita mengukur tipe investasi seperti apa, apakah anda tipe berani mengambil risiko atau atau lebih senang menghindari risiko, atau di tengah-tengah?

Baca juga: Waktu Terbaik untuk Menjual Saham Berharga Tinggi

Kilas Balik Kinerja IHSG

Hasil dari pengamatan ini dilakukan oleh tim CNBCIndonesia. Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dalam 5 tahun terakhir hingga Selasa (22/10) yang lalu melonjak hingga 26%. Meskipun demikian, secara year to date tahun ini IHSG naik tipis sekali 0,03% dan 6 bulan terakhir minus 4,35%.

Baca Juga  Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 1

Selain itu, dalam hitungan tahunan, BEI menatatkan pada tahun 2009 merupakan periode yang memberikan cuan paling besar bisa mencapai 86,98%.

Baca juga: Menteri Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju

Kinerja Reksa Dana

Sementara itu, kinerja reksa dana hingga detik ini beum mengesankan. Kecuali reksa dana jenis pendapatan tetap dan pasar uang. Tercatat hingga September lalu, kinerja produk reksa dana (RD) pendapatan tetap dan RD pasar uang menjadi jenis reksa dana yang positif pada periode September 2019. Sedangkan dua jenis reksa dana lain masih negatif yakni RD saham dan RD campuran.

Dua jenis produk tersebut mencatatkan kenaikan masing-masing 0,79% dan 0,48 persen pada September. Pencapaian ini juga sama dengan performa kedua jenis instrumen ini pada Agustus lalu.

Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas sedikit mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin berpindah ke instrumen saham.

Baca juga: Tips Memilih Investasi Reksa Dana Agar Menuai Keuntungan Tinggi (Part 2)

Tinggalkan Balasan

Nasib Saham perusahaan Erick Thohir

Rahasia Sukses ala Menteri Erick Thohir (Part 2)

Suharso Monoarfa, Menteri PPN Berlatar Belakang Pengusaha

Suharso Monoarfa, Menteri PPN Berlatar Belakang Pengusaha